Apa yang terjadi jika ular sawah diburu hingga habis?

Stanley Miller di bawah bimbingan Harold Urey melakukan percobaan di laboratorium untuk membuktikan hipotesis Oparin tentang asal-usul kehidupan. Mer … eka berhasil membuktikan bahwa . . . . a. molekul organik sederhana dapat terbentuk dari gas-gas anorganIk purba dengan bantuan energi b. molekul organik sederhana dengan bantuan energi petir dapat bereaksi menjadi protein dasar kehidupan c. zat-zat organik di atmosfer purba dapat bereaksi membentuk makhluk hidup kelompok virus d. makhluk hidup sederhana mengalami evolusi menjadi makhluk hidup yang lebih kompleks e. kehidupan di bumi diawali dari evolusi kimia yang dilanjutkan oleh evolusi biologi

Banyak ilmuwan setuju bahwa awal terjadinya kehidupan di bumi dimulai dari . . . . a, pembentukan sel hidup di planet lain, mungkin Mars b. batuan ya … ng dihangatkan oleh radioaktif c. atmosfer bumi yang mengandung uap air d. pembentukan molekul organik kompleks pada lautan primitif e. tanah yang banyak mengandung zat-zat radioaktif

Pernyataan yang benar adalah . . . . a. Organisme kompleks muncul sebelum organisme yang lebih sederhana. b. Makhluk hidup tidak muncul hingga ada ok … sigen di atmosfer. c. Organisme autotrof besar muncul sebelum organisme fotosintetik kecil. d. Aktivitas autotrof menambah molekul oksigen di lingkungan. e. Cara hidup autotrof berevolusi menjadi cara hidup heterotrof.

Menurut para ilmuwan, sel yang pertama kali muncul di perrnukaan bumi adalah . . . . a. sel prokariotik heterotrof aerobik b. sel prokariotik autotro … f aerobik c. sel prokariotik autotrof anaerobik d. sel prokariotik heterotrof anaerobik e. sel eukariotik heterotrof anaerobik

Terjadinya tabrakan hebat antara bumi dan benda luar angkasa yang terjadi 65 juta tahun yang lalu menyebabkan kepunahan . . . . a. cacing Prekambria, … moluska, dan arthropoda berbadan lunak b. ostracoderm tak berahang dan plakoderm berahang c. dinosaurus, pterosaurus, dan banyak spesies gimnosperma d. mastodon, mamoth, dan ammonit e. paku ekor kuda dan lumut jarum

Berikut ini adalah unsur-unsur kehidupan awal. (1) Monomer organik (2) Protobion (3) H₂O, H₂, CH₄, NH₃ (4) Sel prokariotik purba (5) Polimer organik … (6) Progenot Urutan yang benar dari teori kemunculan sel hidup adalah . . . . a. (1)-(5)-(3)-(6)-(2)-(4) b. (1)-(6)-(2)-(4)-(3)-(5) c. (3)-(1)-(5)-(2)-(6)-(4) d. (3)-(5)-(1)-(4)-(2)-(6) e. (6)-(2)-(3)-(1)-(5)-(4)

Berdasarkan hasil percobaannya Pasteur mengemukakan teori biogenesis. Teori biogenesis Pasteur yang menyatakan bahwa semua makhluk hidup berasal dari … makhluk hidup sebelumnya adalah . . . . a. omne vivum ex ovo b. omne ovum ex vivo c. omne vivum ex vivo d. generatio spontanea e. the origin of life

Protobion sesuai dengan pernyataan . . . . a. terbentuk secara spontan dalam kisi-kisi hidrotermal di dasar laut b. organisme heterotrof yang mempero … leh molekul organik yang mereka butuhkan dari lingkungannya c. kumpulan molekul yang terbentuk secara abiotik yang menyusun sel-sel hidup melalui beberapa cara d. organisme autotrof yang menggunakan sinar matahari untuk memecah hidrogen sulfida e. terfosilisasi menjadi batuan sedimen

Suatu teori menyatakan bahwa semua spesies diciptakan secara terpisah dalam periode-periode, dimana di antara periode satu dengan berikutnya terjadi  … bencana yang memusnahkan spesies sebelumnya dan memunculkan spesies baru. Teori ini disebut . . . . a. teori kreasi khas, didukung oleh Linnaeus b. teori kataklisma, dipelopori oleh Cuvier c. teori kosmozoa, dipelopori oleh Arrhenius d. teori evolusi kimia, dipelopori oleh Oparin e. teori biogenesis, didukung oleh Pasteur

Teori evolusi kimia berpendapat bahwa kehidupan di bumi berasal dari zat-zat anorganik di atmosfer yang dengan bantuan energi di alam bereaksi memben … tuk zat-zat organik. Zat-zat organik ini kemudian membentuk semacam campuran kaya materi dalam lautan panas yang disebut sup primordial. Teori ini dikemukakan oleh . . . . a. Alexander Ivanovich Oparin b. Francesco Redi c. Harold Urey d. Stanley Miller e. Lazzaro Spallanzani

Ekosistem sawah adalah ekosistem buatan yang dijadikan sebagai lahan pertanian tanaman padi. Sumber: Pexels.com

Ekosistem merupakan keadaan dari tempat komunitas suatu organisme dan organisme tak hidup dari suatu lingkungan yang saling berinteraksi.

Salah satu ekosistem yang ada di dunia ini ialah ekosistem sawah. Ekosistem ini mudah ditemui di daratan atau bahkan di pesisir pantai.

Dalam ekosistem sawah tentunya terdapat rantai makanan. Rantai makanan ini dapat menjelaskan perolehan makanan suatu organisme dari organisme lainnya.

Salah satu organisme yang berperan dalam rantai makanan pada ekosistem sawah adalah ular. Lantas, apa yang terjadi pada ekosistem sawah jika populasi ular punah?

Rantai Makanan Ekosistem Sawah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, rantai makanan memiliki artian sempit, yakni sebagai suatu rangkaian makan memakan dari suatu organisme ke organisme berkutnya.

Rantai makanan merupakan hasil dari hubungan antara komponen biotik, yakni makhluk hidup yang ada di sebuah ekosistem.

Dalam ekosistem sawah, tentunya terdapat tingkatan tropik pada rantai makanannya. Dikutip dari modul pembelajaran Mata Pelajaran IPA yang disusun oleh Dr. Ramlawati, M.Si, dkk, berikut tingkatan tropik yang ada pada rantai makanan, yakni:

  • Produsen, yakni organisme yang mampu menghasilkan senyawa organik dari bahan senyawa anorganik dengan bantuan energi matahari.

  • Konsumen adalah organisme yang memperoleh bahan organik dari organisme lain. Konsumen biasanya terdiri dari konsumen tingkat I (herbivora) hingga konsumen tingkat akhir (predator).

  • Dekomposer atau pengurai adalah organisme yang mampu merombak sisa produk organisme atau organisme yang telah mati menjadi senyawa anorganik.

Berdasarkan penjelasan di atas, rangkaian mengenai rantai makanan pada ekosistem sawah dapat mudah dipahami. Melansir dari buku Mega Bank US/M SD/MI 2018 yang ditulis oleh Dini Fitri, dkk, berikut contoh rantai makanan pada ekosistem sawah:

Ilustrasi rantai makanan pada ekosistem sawah. Sumber: Freepik.com

Padi > Belalang > Tikus > Ular > Burung Elang > Jamur

Melihat dari rantai makanan tersebut, padi merupakan makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, sedangkan belalang merupakan konsumen tingkat I yang hanya dapat memakan tanaman padi.

Selanjutnya, ada tikus yang berperan sebagai konsumen tingkat II. Tikus juga terkadang bisa menjadi konsumen tingkat I dengan memakan langsung tanaman padi.

Tikus kemudian dimakan oleh ular yang berperan sebagai konsumen tingkat III. Ular kemudian dimakan oleh elang yang merupakan hewan predator berperan sebagai konsumen tingkat final.

Bangkai elang yang jatuh ke permukaan tanah kemudian akan diuraikan oleh jamur dan bakteri pengurai lainnya.

Salah satu dampak dari kepunahan ular adalah tanaman padi akan semakin berkurang. Sumber: Pexels.com

Menurut Alip Saripudin dan Aprilia dalam buku Get Success UASBN Ilmu Pengetahuan Alam, populasi ular menurun akan memberikan dampak pada ekosistem sawah.

Populasi ular yang kian menurun akibat adanya perburuan yang dilakukan manusia akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem sawah. Hal tersebut membuat ekosistem sawah menjadi tidak seimbang.

Populasi ular yang menurun akan berakibat pada meningkatnya populasi tikus. Jika jumlah tikus meningkat maka tanaman padi akan terganggu akibat banyaknya hama dan tikus.

Dengan terganggunya pertumbuhan dari tanaman padi maka akan menghambat panen padi.

Selain itu, menurunnya angka tanaman padi yang merupakan produsen utama dalam ekosistem sawah akan berdampak pada penurunan populasi organisme lain, seperti belalang, dan sebagainya.