Bahasa pemrograman yang digunakan pada periode komputer generasi kedua adalah

Pada generasi ini komputer sudah menggunakan Transistor sebagai Processornya dan mulai digunaka pada tahun 1956. Penemu transistor tersebut adalah tiga orang fisikawan asal Amerika yaitu WALTER HOUSER BRATTAIN, JHONE BARDEN, WILLIAM BRANDFORD pada tahun 1948. Transistor menggantikan tube vakum, sehingga ukuran mesin elektrik yang berukuran besar menjadi lebih kecil.

Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Pada generasi ini pula Komputersudah menggunakan BAHASA ASSEMBLY yang menggantikan bahasa mesin. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat komputer ini dengan nama LARC. Komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom, karena dapat menangani sejumlah data besar dan kemampuannya yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan yaitu di LAWRENCE RADIATION LABS di Livermore, California, danUS NAVY RESEARCH and DEVELOPMENT CENTER di Washington D.C.

Pada awal 1960 komputer generasi ini mulai di gunakan pada bidang Bisnis, Universitas, dan Pemerintahan. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji.

Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua

1) Ukuran fisik lebih kecil dibanding komputer generasi pertama karena telah menggunakan Transistor pada sirkuitnya.

2) Menggunakan memori yang cukup besar

3) Telah menggunakan media penyimpanan luar berbentuk REMOVABLE DISK seperti Megnetic Disk dan Magnetic Tape

4) Penggunaan aplikasinya lebih luas penerapannya dalam kehidupan

5) Proses operasinya lebih cepat

6) Penggunaan daya lebih kecil

7) Mulai menggunakan bahasa Pemprograman mesin seperti FORTAN, COBOL, ALGOL

Jenis-jenis komputer lain yang muncul pada generasi ini diantaranya UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 PDP-1, PDP-8, Burroghts 200 dan lainnya

Kelemahan dari komputer pada generasi ini adalah pada Transistor yang banyak menghasilkan panas yang cukup besar, sehingga berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer seperti quartz rock (batu kuarsa).

Pada komputer generasi kedua, tabung vakum digantikan oleh transistor canggih yang dikembangkan oleh laboratorium Bell. Transistor adalah perangkat yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tabung vakum karena transistor menggunakan konsep efisiensi atau kekurangan elektron dan proton daripada bergantung pada bagian mekanis bohlam yang tidak hanya membuat seluruh rangkaian menjadi terlalu panas tetapi juga diperlukan dari hari ke hari. pemeliharaan dan mudah rusak.

Ketika transistor dikembangkan, ide untuk menyimpan data dalam inti magnetik juga diperkenalkan. Oleh karena itu, hal ini menyebabkan pengembangan pita magnetik, piringan magnetik yang kemudian banyak digunakan sebagai penyimpanan tambahan. Disk magnetik adalah lapisan oksida besi yang memungkinkan data dapat diakses secara langsung. Ini meningkatkan kecepatan komputer mengakses data seiring dengan peningkatan kecepatan pemrosesan karena transistor.

Karena semua alasan ini, komputer generasi kedua menjadi produk komersial yang layak dan yang digunakan oleh pengusaha dalam aplikasi seperti membangun pemrosesan penggajian dan memperbarui inventaris.

Kelebihan komputer generasi ke-2 [ second generation computers ]

  1. Ketika tabung vakum digantikan oleh transistor yang jauh lebih unggul, ini memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, lebih murah, lebih cepat, lebih hemat energi, serta dapat diandalkan, dan karenanya dapat menjadi produk yang layak secara komersial, oleh karena itu, bisnis mulai menawarkan komputer untuk menjadi digunakan dalam pekerjaan sehari-hari
  2. Peningkatan yang signifikan dalam kapasitas pemrosesan komputer dari hasil penggunaan transistor.
  3. Panas yang dihasilkan oleh tabung vakum dihilangkan karena transistor tidak bekerja pada metode katoda dan anoda yang membutuhkan pembangkitan panas dan listrik dan karenanya kebutuhan ruangan pendingin udara juga dihilangkan.
  4. Komputer menjadi lebih murah, komputer generasi pertama karena tidak memerlukan perawatan dan transistor dapat bekerja dalam waktu lama serta tidak rusak karena pemanasan yang dihasilkan yang juga meningkatkan presisi dan akurasinya.
  5. Ukuran komputer pada generasi kedua berkurang cukup signifikan karena tabung vakum hingga seukuran bola lampu dan ada sekitar 70 hingga 80 ribu kata di sebuah ruangan yang membutuhkan tabung vakum yang sepenuhnya didedikasikan oleh karena itu transistor hanya seukuran kuku jari. , oleh karena itu, ini mengurangi ukuran komputer secara drastis.
  6. Komputer generasi kedua juga memperkenalkan kita pada bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti COBOL dan FORTRAN daripada berurusan dengan pengkodean dalam Bit dan byte pada komputer generasi pertama.
  7. Dengan peningkatan kemampuan pemrosesan komputer, kecepatan fungsi input dan output juga meningkat dan sistem pemrograman kartu memori digantikan oleh pemrograman baris perintah.
  8. Kapasitas penyimpanan utama komputer juga meningkat karena komputer sekarang menggunakan inti magnetik sebagai media penyimpanan internal utama.

Kekurangan komputer generasi ke-2 [ second generation computers ]

  1. Sistem pendingin diperlukan pada komputer generasi kedua.
  2. Pemeliharaan konstan diperlukan.
  3. Komputer hanya diprogram untuk tugas-tugas tertentu.

Setiap Keuntungan & Kerugian dibenarkan dan dijelaskan secara rinci di bawah Karakteristik Komputer Generasi Kedua.

Ciri-ciri Komputer Generasi Kedua

Teknologi yang Digunakan pada Generasi Kedua

Periode waktu komputer generasi pertama ditandai antara tahun 1946-1959, sedangkan periode waktu komputer generasi kedua adalah antara tahun 1955 hingga 1964.

Tabung vakum dari generasi pertama digantikan oleh transistor pada komputer generasi kedua.

Tabung Vakum adalah perangkat listrik yang bertindak sebagai sakelar ON/OFF atau penguat. Tabung vakum berisi elektroda untuk mengontrol aliran elektron. Tabung vakum ini digunakan pada komputer awal. Kemudian tabung vakum ini digantikan oleh transistor pada generasi kedua.

Transistor adalah perangkat semikonduktor yang digunakan untuk memperkuat atau mengalihkan sinyal elektronik ON/OFF. Transistor adalah blok bangunan komputer modern.

Transistor berisi tiga terminal untuk koneksi ke sirkuit eksternal. Tegangan diterapkan melalui satu pasang terminal dan arus dikendalikan melalui pasangan lain.

Transistor lebih murah dan mengkonsumsi lebih sedikit daya. Mereka lebih kompak dalam ukuran dan dapat diandalkan daripada tabung vakum generasi pertama

Teknologi yang menandai Generasi komputer

Karakteristik Perangkat Keras Generasi kedua

Komputer generasi kedua menghasilkan panas yang sangat sedikit dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Ini karena transistor, tidak seperti tabung vakum yang menjadi terlalu panas karena tuntutan listrik yang tinggi. Transistor adalah perangkat listrik yang resistansinya dapat diubah sesuai dengan kebutuhan sehingga aliran listrik dapat dikontrol.

Oleh karena itu karena resistansi yang lebih rendah, produksi panas sangat berkurang dan begitu pula konsumsi energi dan ini tidak mungkin dilakukan pada komputer generasi pertama yang menggunakan bohlam listrik dengan resistansi tinggi.

Ukuran komputer generasi kedua berkurang karena transistornya hampir sebesar ujung kuku, dan karena pengurangan daya, ukuran unit daya juga berkurang.

Metode Penyimpanan di Generasi kedua

Pada komputer generasi kedua, magnetic cores digunakan dan mereka juga bertindak sebagai memori utama komputer dan magnetic tape dan magnetic disk bertindak sebagai memori sekunder.

Jenis Sistem Operasi pada generasi kedua

Pada komputer generasi kedua, jenis sistem operasi yang digunakan adalah Sistem Operasi Batch Processing dan Multiprogramming.

Berbagai fungsi yang disediakan setiap sistem operasi adalah –

Sistem Operasi Pemrosesan Batch – Dalam sistem operasi ini pengguna tidak berinteraksi langsung dengan sistem komputer. Sebagai gantinya, pengguna harus mempersiapkan tugasnya untuk dilakukan pada sistem komputer terlebih dahulu program-program tersebut pada kartu punch dan kemudian menyerahkan kartu punch tersebut ke operator komputer. Untuk mempercepat proses, pekerjaan ini dikumpulkan dan diproses sebagai satu kelompok.

Sistem Operasi Multiprogramming – ketika dua atau lebih program berada di memori pada saat yang sama maka itu disebut sebagai sistem operasi multiprogramming. Sistem operasi multiprogramming meningkatkan pemanfaatan CPU dengan berbagi prosesor dengan program yang berbeda. Dalam sistem operasi ini, CPU tidak diam seperti pada sistem operasi pemrosesan batch.

Bahasa Pemrograman di komputer generasi kedua

Pada komputer generasi pertama, bahasa mesin hanya digunakan dan dalam bentuk kode biner.

Pada Komputer Generasi Kedua, bahasa rakitan menggantikan bahasa mesin, dan juga bahasa tingkat tinggi seperti FORTRAN dan COBOL.

Pada Komputer Generasi kedua perkembangan aktual dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi terlihat.

Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi membuat pemrograman menjadi jauh lebih mudah daripada sebelumnya dan oleh karena itu banyak programmer independen mulai menulis perangkat lunak dan aplikasi mereka, oleh karena itu komputer generasi kedua memiliki sejumlah besar perangkat lunak aplikasi untuk komputer mereka.

Oleh karena itu, komputer generasi kedua juga ditandai untuk mendukung bahasa tingkat tinggi.

Interaksi Manusia-Komputer di generasi kedua

Pada komputer generasi kedua, sistem komputer bergantung pada kartu punch untuk input.

Jika ada programmer yang harus memberikan instruksi ke komputer maka mereka harus mengkodekannya ke dalam kartu punch dan kemudian memasukkannya ke dalam komputer.

Untuk alasan ini, komputer generasi kedua tidak mendapatkan banyak popularitas karena metode interaksi manusia-komputer yang membosankan.

Pada komputer generasi ketiga, keyboard dan monitor menggantikan mekanisme kartu punch.

Jadi, jika programmer harus memberikan instruksi ke komputer maka dia cukup mengetiknya dari keyboard dan itu akan muncul di monitor.

Hal ini mendorong banyak orang untuk belajar pemrograman komputer dan mengembangkan perangkat lunak mereka.

Contoh Komputer Generasi Kedua

Berbagai contoh komputer generasi kedua adalah

  1. IBM 1620
  2. IBM 7094
  3. CDC 1604
  4. CDC 3600
  5. UNIVAC 1108

Video yang berhubungan