Berapa lama perjalanan dari surabaya ke jakarta

JAKARTA dan Surabaya jaraknya mencapai 813 kilometer. Tapi, kedua kota metropolitan itu kini sudah tersambung melalui Tol Trans Jawa. Kehadiran tol tersebut memangkas waktu tempuh 8 hingga 10 jam.

Lalu berapa tarif masuk tol yang dibutuhkan dari Jakarta sampai Surabaya?

Baca juga: Intip 5 Koleksi Mobil Mewah Crazy Rich Surabaya Melvin Tenggara, Harganya Bikin Melongo

Berikut ulasannya sebagaimana dilansir dari dari laman resmi Auto2000, Rabu (12/1/2021) :

1. Tarif biaya perjalan khusus untuk kendaraan golongan 1

Golongan 1 terdiri dari kendaraan meliputi Mobil, Pick-up, Sedan, truk kecil.

1. Ruas tol dalam kotaJakarta-Cikampek : Rp20.000

2. Ruas tol Cikampek-Palimanan : Rp107.000

3. Ruas tol Palimanan-Kanci : Rp12.500

4. Ruas tol Kanci-Pejagan : Rp 29.500

5. Ruas tol Pejagan-Pemalang : Rp60.000

Baca juga: 4 Masalah Sering Dialami Mobil Usai Dibawa Liburan, Begini Cara Mengatasinya

6. Ruas tol Pemalang-Batang : Rp39.000

7. Ruas tol Batang-Semarang (SS Krapayak) : Rp75.000

8. Ruas tol Semarang ABC (SS Krapyak-Banyumanik) : Rp5.500

Jika dihitung keseluruhan, maka total tarif tol yang ditemuh dari Jakarta menuju Surabaya untuk perjalanan hingga Semarang adalah Rp348.500. Tidak sampai situ saja, terdapat berbagai gerbang tol yang akan Anda lewati dengan berbagai tarif yang beragam. Berikut nominalnya :

2. Tarif tol Semarang-Surabaya

Dalam perjalanan , ruas tol Trans Jawa yang akan dilalui sudah masuk provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Untuk itu berikut tarif toll lanjutan dari Semarang menuju Surabaya :

1. Ruas tol Semarang-Solo : Rp65.500

2. Ruas tol Solo-Ngawi : Rp91.000

3. Ruas tol Ngawi-Kertosono-Kediri : Rp88.000

4. Ruas tol Kertosono-Mojokerto : Rp49.000

5. Ruas tol Mojokerto-Surabaya : Rp36.000

Jika ditotal, maka keseluruhan tarif tol yang dikenakan dari Semarang ke Surabaya adalah Rp329.500. Jika dihitung kembali dari awal berangkat, maka total yang dibayarkan mengenai tarif tol keseluruhan dari Tol Jakarta-Surabaya dengan rute via Tol Trans Jawa yakni sebesar Rp678.000.

Tarif ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan otoritas pengelola tol. Jadi pastikan saldo di kartu tol Anda cukup untuk masuk tol.

Jembatan Tungtang di Ruas Tol Bawen-Salatiga, Jawa Tengah, dua tahun lalu (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani mengatakan waktu tempuh Jakarta-Surabaya dan sebaliknya akan memotong waktu dengan adanya Tol Trans Jawa.

Tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya panjangnya 1.115 km.

Ditargetkan tol Trans Jawa dari Jakarta ke Surabaya akan bisa dipakai akhir 2018.

"Waktu tempuh menjadi lebih singkat berkat adanya Tol Trans Jawa," kata Desi di Jakarta, Senin (12/11/2018).

(BACA JUGA: BERITA POPULER: Yamaha FreeGo Pakai Upside Down hingga Operasi Zebra Dianggap Tidak Berfaedah)

Melalui jalan raya nasional Jakarta-Surabaya bisa mencapai 20 jam.

Lewat tol Trans Jawa perjalanan bisa ditempuh kurang dari 15 jam.

Menurut dia, Idealnya Jakarta-Surabaya 10 sampai dengan 12 jam.

"Dari Jakarta sampai ke Kota Surabaya sekitar 800 km, kalau dipacu dengan kecepatan 100 km/jam saja mungkin hanya 8 jam," bebernya.

"Tapi kan tetap perlu beristirahat pengendaranya agar safety, jadi ya bisa 10 sampai 12 jamlah paling lama," jelas Desi. Menurut informasi, Tol Trans Jawa dipastikan akan beroperasi pada akhir 2018.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau langsung dengan ekspedisi tembus Tol Trans Jawa di Gerbang Tol Waru Gunung, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

(BACA JUGA: Geger di Bali! Perempuan Jatuh dari Motor Tergeletak di Jalanan, Mau Ditolong Ternyata Mayat)

Rini berkendara menempuh rute Surabaya sampai dengan Telkom Landmark Tower yang berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, sebagai lokasi finish. 

Perjalanan sepanjang kurang lebih 800 kilometer ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar 16 jam dengan meninjau sejumlah titik.

  1. Hindari hari libur di Asia. Harga meroket selama liburan dan festival populer – sesuaikan tanggal perjalanan Anda untuk menghindari tiket mahal. Penerbangan murah ke Asia tidak ada selama “hari merah” populer seperti Tahun Baru Imlek (Februari), Idul Fitri (Mei), Hari Waisak (Mei), Natal dan Boxing Day (24-26 Desember). Jika Anda benar-benar harus bepergian ke Asia selama periode puncak ini, sebaiknya pesan penerbangan jauh-jauh hari sebelumnya.
  2. Lihat destinasi tambahan secara gratis. Meskipun sebagian besar orang lebih menyukai rute langsung, hanya sedikit yang menerima singgah dan menganggapnya sebagai kesempatan sempurna untuk mengunjungi destinasi tambahan. Beberapa maskapai penerbangan menawarkan gratis singgah yang berarti Anda memiliki kota tambahan untuk dikunjungi tanpa membeli tiket tambahan. Nilai tambah yang besar: rute langsung biasanya juga jauh lebih murah!
  3. Periksa bandara keberangkatan yang berbeda. Pertimbangkan kota tetangga saat memilih bandara keberangkatan – terutama cari kota besar dengan bandara yang berfungsi sebagai hub untuk beberapa maskapai. Misalnya, jika Anda tinggal di Eropa Barat, periksa harga penerbangan yang berangkat dari Paris, London, Amsterdam, Frankfurt, Madrid, Roma, dan Wina. Dalam 9 dari 10 kasus, penerbangan termurah ke Asia akan berangkat dari salah satu hub ini. Ya, Anda mungkin harus terbang beberapa ratus kilometer ke hub ini, tetapi maskapai berbiaya rendah seperti EasyJet, RyanAir, atau WizzAir dengan senang hati akan membawa Anda ke sana dengan biaya €50 - €100.
  4. Manfaatkan program loyalitas. Pilih maskapai penerbangan yang paling sesuai dengan Anda, lalu patuhi. Dengan menjadi 'reguler', Anda akan dapat memanfaatkan program loyalitas dan dapatkan "miles" (atau poin) – tidak hanya untuk terbang tetapi juga untuk pengeluaran sehari-hari. Poin yang diperoleh dengan cara ini sering bertambah seiring waktu dan ini dapat memberi Anda peluang pengurangan harga yang signifikan pada penerbangan berikutnya, fasilitas khusus, atau bahkan perjalanan gratis. Jika Anda sering terbang dengan Emirates, pilih Skywards, dengan Qantas – untuk Qantas Frequent Flyer, dengan Singapore Airlines – untuk KrisFlyer, dll.
  5. Perhatikan penjualan terbaik. Sebagian besar maskapai penerbangan sering mempublikasikan promosi di website mereka. Untuk mendapatkan penawaran bagus, pastikan memantau penjualan maskapai selama beberapa minggu.
  6. Bergabunglah dengan Air Traveler Club. Bergabunglah dengan Air Traveler Club. Cara yang sudah terbukti untuk mendapatkan harga menarik untuk penerbangan ke Asia adalah dengan menjadi anggota Air Traveler Club.Gratis untuk bergabung, dan penawaran yang didapatkan anggota setiap minggu dihargai setidaknya 40% di bawah rata-rata tiket pesawat untuk rute tertentu. Beberapa dari 'tarif peretas' ini dapat menghemat hingga 80% (!) pada penerbangan Anda berikutnya. Air Traveler Club.Gratis untuk bergabung, dan penawaran yang didapatkan anggota setiap minggu dihargai setidaknya 40% di bawah rata-rata tiket pesawat untuk rute tertentu. Beberapa dari 'tarif peretas' ini dapat menghemat hingga 80% (!) pada penerbangan Anda berikutnya.
  7. Temukan kursi ekonomi terbaik. Berlawanan dengan pandangan umum, tidak semua kursi ekonomi di pesawat dibuat sama. Beberapa kursi memiliki sedikit keunggulan dibandingkan yang lain. Itu semua tergantung pada pesawat, jadi kami sarankan untuk mengunjungi situs web SeatGuru, di mana setelah memasukkan nomor penerbangan Anda, Anda akan disajikan dengan peta kursi yang terperinci. Arahkan kursor ke masing-masing kursi untuk membandingkan kualitas, dan lihat ulasan wisatawan lain.
  8. Pilih kursi Anda terlebih dahulu. Jika Anda ingin mendapatkan kursi premium "hot" atau memastikan rekan Anda duduk bersama, Anda harus memilih kursi Anda terlebih dahulu. Cobalah untuk check-in seawal mungkin untuk mendapatkan pilihan kursi yang lebih banyak. Tarif kursi hot masuk akal dan ruang kaki yang lebih besar akan membuat perbedaan, terutama pada penerbangan yang lebih lama.
  9. Pesan tempat duduk di zona tenang. Beberapa maskapai penerbangan (misalnya AirAsia X) mulai menawarkan "zona tenang" bebas anak untuk pengalaman penerbangan yang tenang. Anak-anak di bawah 10 tahun tidak diperbolehkan di bagian ini. Kursi tersebut biasanya terletak di depan pesawat (bonus: lebih sedikit kebisingan dari mesin) dengan pencahayaan ambient yang lembut dan layanan makan awal.
  10. Hindari koneksi penerbangan terakhir hari itu. Bahkan di dunia pascapandemi tiba-tiba pembatalan penerbangan mungkin masih terjadi. Saat terbang di dalam negeri, cobalah untuk tidak memesan penerbangan terakhir dari bandara penghubung Anda. Dalam kasus pembatalan, maskapai jelas akan menempatkan Anda pada penerbangan berikutnya, tetapi akan membutuhkan menginap semalam dan kedatangan sehari kemudian.
  11. Unduh aplikasi VPN. Banyak negara Asia tampaknya memiliki masalah dengan konten online. China menyensor sebagian besar Internet Barat dengan “Great Firewall of China”, Indonesia tidak menyukai konten yang melanggar "moralitas" (konten LGBT, Reddit, Imgur, dan Vimeo diblokir), dan kebebasan Internet menurun di Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Jika Anda ingin tetap mengakses situs web favorit Anda saat bepergian di Asia, Anda harus mengunduh aplikasi VPN SEBELUM Anda tiba. Lihat tips berikut tentang VPN terbaik untuk perjalanan.
  12. Jangan memesan tur atau aktivitas sebelumnya. Untuk sebagian besar tujuan Asia, apa pun yang Anda lihat online akan lebih mahal daripada yang Anda bayar di agen perjalanan lokal Anda. Tunggu sampai Anda tiba dan akan dapat menegosiasikan secara langsung harga yang jauh lebih rendah.
  13. Bawa resep obat Anda. Yang ini penting dan akan memastikan Anda melewati Bea Cukai dan Imigrasi dengan lancar. Beberapa negara sangat ketat tentang obat-obatan yang Anda bawa. Faktanya, banyak obat OTC umum yang tersedia di satu negara mungkin memerlukan resep di negara lain. Pastikan Anda membawa resep untuk menghindari kerumitan saat bepergian.
  14. Pencegahan kehilangan bagasi. Hindari mimpi buruk tentang kehilangan bagasi dengan menghapus tag lama di koper Anda. Tag dicetak dengan kode batang yang digunakan untuk identifikasi dan pelacakan – sehingga tag lama dapat benar-benar membingungkan penangan bagasi dan pemindai sabuk konveyor. Mereka adalah salah satu alasan mengapa begitu banyak tas ketinggalan penerbangan atau salah rute.
  15. Kirim DM daripada via call center. Gunakan Twitter atau Facebook Messenger untuk menghubungi layanan pelanggan maskapai. Jika masalah muncul, media sosial biasanya merupakan cara yang lebih cepat untuk menghubungi manusia nyata yang dapat menjawab pertanyaan Anda. Jangan terlalu mengandalkan call center maskapai, mereka biasanya super sibuk.