Cara mengatasi laptop toshiba tidak bisa menyala

Ilustrasi pengguna panik karena laptop error. Foto: DCStudio/freepik

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup banyak dicari oleh orang-orang yang memiliki masalah tersebut. Jika kamu mengalami masalah tersebut, sebaiknya untuk tidak panik karena dapat menambah error di laptop.

Laptop merupakan perangkat yang sangat penting di era modern seperti saat ini. Sebagian besar orang menggantungkan hidup mereka di laptop, seperti bekerja, sekolah, hingga untuk sekadar menonton video.

Selain itu, banyak data yang disimpan di laptop, sehingga jika laptop tidak bisa nyala tentunya membuat pemiliknya kebingungan. Beberapa kasus laptop error tidak bisa tetapi lampu power masih hidup, hal ini dikarenakan ada beberapa masalah yang terjadi.

Bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, simak artikel How To Tekno kali ini agar tahu cara memperbaiki laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup.

Mengutip halaman bantuan HP, berikut ini adalah tutorial cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tetapi lampu power hidup sesuai dengan penyebabnya.

com-Ilustrasi seseorang sedang menggunakan laptop Foto: Shutterstock

Masalah paling sederhana dan mudah untuk diatasi yang menyebabkan laptop tidak bisa menyala dan lampu power hidup adalah terdapat gangguan di baterai.

Jika hal tersebut merupakan penyebabnya, maka kamu cukup mengganti dengan yang baru. Kamu bisa membelinya di toko resmi merek laptopmu.

Lalu, bagaimana cara memastikan jika penyebabnya ada di baterai? Berikut adalah tutorialnya:

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Mati

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power mati adalah memeriksa baterai, layar laptop, atau pun masuk ke Safe Mode. Jika ingin memeriksa baterai, kamu bisa cek caranya di sini.

1. Lepaskan Baterai Laptop Sepenuhnya

Lepaskan baterai laptop kamu sepenuhnya, lalu hal ini berlaku untuk laptop yang belum menggunakan teknologi baterai tanam. Kemudian, hubungkan laptop dengan stop kontak yang masih berfungsi menggunakan kabel charger yang biasa kamu gunakan. Jika kamu bisa menyalakan laptop, maka bisa dipastikan jika masalah terjadi di baterai laptop.

2. Segera Ganti Baterai Laptop

Segera ganti baterai laptop agar dapat berfungsi dengan normal seperti sebelumnya. Namun, sebenarnya kamu bisa menggunakan laptop tanpa baterai meskipun harus selalu terhubung dengan stop kontak.

Ilustrasi layar laptop. Foto: HP

Selain masalah terjadi pada baterai, layar laptop yang rusak juga bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa nyala tetapi lampu power hidup. Layar akan selalu menampilkan warna hitam meskipun sebenarnya keadaan laptop nyala.

  1. Langkah pertama adalah lepaskan semua perangkat eksternal yang tidak penting untuk memastikan jika perangkat tersebut bukan penyebab proses startup laptop terganggu.

  2. Jika kamu mendengar mesin laptop bekerja seperti suara kipas atau suara bising lainnya, namun tidak ada gambar yang muncul, segera pindah ke tempat yang sangat gelap untuk memastikan apakah ada sedikit cahaya yang keluar dari layar laptop.

  3. Jika muncul sedikit cahaya, maka bisa dipastikan bahwa masalah terjadi di layar laptop kamu. Segera ganti dengan layar yang masih bisa berfungsi dengan baik atau bawa ke service center merek laptopmu.

Ilustrasi laptop error. Foto: Clint Patterson via Unsplash

Selain masalah yang disebutkan sebelumnya, penyebab laptop rusak bisa juga karena masalah pada software atau virus yang menyerang.

  1. Masuk ke save mode laptopmu, kamu bisa mencari tahu caranya di website merek laptopmu.

  2. Jika kamu berhasil masuk ke save mode, berarti benar bahwa masalah ada pada software. Segera cari aplikasi yang dicurigai adalah penyebabnya dan uninstall aplikasi tersebut.

  3. Kamu juga bisa melakukan install ulang jika masalahnya ada di software. Setelah selesai, coba masuk menggunakan mode normal.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Jika semua cara di atas tidak ada yang berhasil, ada masalah lain yang lebih serius, kemungkinan terburuknya kamu harus mengganti laptopmu.