Langkah yang benar untuk membuat akun baru adalah?

Cara Membuat Akun Baru

Pertama-tama anda harus masuk atau sudah ada dalam menu utama command centre. Berikut ini step-step yang harus anda lakukan :


  • klik menu "Assets" 
  • klik "new" (terletak di bawah kiri monitor)
  • kemudian pilih jenis akun sesuai jenisnya. (contoh : "Cash in Bank" jenis akunnya "Bank")
  • entry nomor akun sesuai dengan soal yang anda kerjakan
  • entry nama akun sesuai dengan soal yang anda kerjakan.
kini anda sudah bisa membuat akun baru pada MYOB v18 :)


Page 2

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT AKUN PADA MYOB

Assalamualaikum wr.wb.Halo semuanya,apa kabar?Semoga semuanya baik-baik saja ya.

Pada kesempatan blog saya kali ini,saya akan menjelaskan langkah-langkah membuat akun pada MYOB.Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada yang sudah mampir ke blog saya ini.Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu MYOB?MYOB Accounting adalah aplikasi akuntansi yang populer saat ini.MYOB Accounting memfokuskan pada perusahaan jasa dan dagang disamping jenis perusahaan yang lain pun juga diterapkan.Paling cocok aplikasi ini diterapkan pada perusahaan menengah ke bawah,untuk perusahaan besar rasanya tidak memadai,karena biasanya perusahaan besar jumlah transaksinya sangat komplek sehingga biasanya mempunyai program yang dirancang sendiri sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.Dan juga ada beberapa alasan mengapa kita harus menggunakan software ini dalam perusahaan,yaitu:

1.Mudah digunakan

2.Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap pemakai (user)

3.Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.

4.Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan

5.Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis dalam bentuk grafik.

Nah,dari penjelasan saya yang di atas pasti sudah mengertikan apa itu MYOB.Yuk langsung saja kita ke langkah-langkah membuat akun pada MYOB. LETS GO!

1.Langkah pertama,Yang harus dilakukan adalah mendownload dan menginstal aplikasi MYOB yang sesuai dengan spesifikasi laptop/komputer.Setelah kita menginstal di tampilan pada layar laptop/komputer anda akan ada aplikasi MYOB.Disini saya menggunak aplikasi MYOB versi18.

2.Langkah Kedua,Setelah Mengklik aplikasi MYOB di laptop/komputer anda,akan ada tampilan seperti yang di bawah ini:

Nah pada bagian ini,kita bisa melihat ada beberapa macam tampilan dan memiliki kegunaannya masing-masing,seperti:

1.Open:Berguna untuk membuka account yang telah ada atau yang telah dibuat.

2.Create:Berguna untuk membuat account baru dalam MYOB.

3.Explore:Berguna untuk membuka file yang telah dibuat sebelumnya,jika kita telah melakukan suatu upgrade terhadap MYOB tersebut.

4.What’s New:Berguna terdapat penjelasan tentang pembaruan apa saja yang terjadi pada versi MYOB yang kita gunakan.Untuk melihhatnya harus menggunakan akses internet.

5.Exit:Berguna untuk keluar dari aplikasi MYOB

3.Langkah Ketiga,Selanjutnya klik icon creat untuk membuat akun baru atau akun perusahaan baru.

4.Langkah Keempat,Setelah mengklik create,maka munculah tampilan MYOB.Setelah muncul tampilan pengenalan MYOB,Klik next untuk melanjutkan langkah berikut.

5.Langkah Kelima,Kamu akan masuk pada compay information,dimana kamu dapat mengisi data perusahaan yang ingin kamu buat akunnya.


6.Langkah Keenam,Jika kamu sudah mengisi semua informasi akun atau akun perusahaan maka langkah selanjutnya klik “Next” nanti akan sampai pada tahap accounting information yaitu mengisi informasi akuntansi sesuai sistem yang digunakan perusahaan.


Keterangan:

1.Current Financial Year:Tahun pertama kali pembuatan pembukuan pertama kali yaitu mencocokan kalender MYOB dengan tanggal pembuatan pembukuan pertama kali.

2.Last Month Of Financial Year:Akhir bulan pembuatan pembukuan pada tahun akuntansi.

3.Conversion Month:Menentukan pada bulan apa kamu memulai memasukan data-data transaksi ke dalam pembukuan akuntansi tersebut.

4.Number Of Accounting Period:Menentukan periode pelaporan keuangan bisa 12 bulan atau lebih sesuai dengan aturan atau sistem perusahaan.

Setelah mengklik “Next”akan muncul tampilan seperti ini:


7.Langkah Ketujuh,Setelah mengisi informasi akuntansi sesuai dengan sistem perusahaan kamu,maka langkah selanjutnya klik “Next”maka kamu akan masuk ke dalam tahap Account List,kamu akan melihat tampilan yang menyuruh kamu untuk memilih 3 pilihan sesuai dengan keinginan kamu dan kebutuhan perusahaan.


Keterangan:

1.Pilihan Pertama:Kita ingin menggunakan daftar akun yang telah disediakan oleh program MYOB ini.

2.Pilihan Kedua:Kita ingin mengimpor file daftar akun yang ada pada MYOB dengan format lain sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan,Misalnya dalam bentuk Microsoft Excel.

3.Pilihan Ketiga:Kita ingin membuat sendiri daftar akun yang kita butuhkan dalam program MYOB ini.

Disini,saya akan memilih pilihan ke-2 karenan saya akan mengimpor file daftar akun yang sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.Lalu Klik “Next”

8.Langkah Kedelapan,Setelah selesai memilih 3 pilihan sebelumnya,maka klik “Next untuk ke tahap selanjutnya “Company File”

9.Langkah Kesembilan,Setelah mengatur pengaturan maka selanjutnya klik “Next” dan kamu akan ke tahap conclusion,di tahap ini diberikan pemberitahuan bahwa anda telah selesai membuatnya.Lalu Klik “Command Centre”



10.Langkah Kesepuluh,langkah-langkah awal sudah selesai,kamu dapat memulai pembukuan keuangan perusahaan,kamu dapat memulai pembukuan perusahaan dengan membuka menu List kemudian pilih account,maka akan terlihat semua data perusahaan mengenai pembukuan.Kita dapat merubah dan memasukkan data sesuai yang kita inginkan.



Pada gambar di atas diperlihatkan juga beberapa gambar yang merupakan perintah secara cepat, atau bisa juga menggunakan perintah lain yaitu yang terdapat pada bagian atas dari program Myob tersebut.

Berikut ini penjelasan beberapa perintah gambar di atas:

1.Account:Digunakan untuk membuat daftar perkiraan dan melakukan jurnal umum.

2.Banking:Untuk mencatat perkiraan yang berhubungan dengan transaksi bank, selain membeli maupun menjual barang dagang.

3.Sales:Untuk mencatat penjualan barang, termasuk penerimaan piutang dan segala yang berhubungan dengan penjualan tersebut.

4.Time Billing:Untuk mencatat dan mengatur waktu yang diset secara otomatis untuk pembayaran baik untuk klien maupun aktivitas-aktivitas yang berhubungan dengan dengan waktu.

5.Purchase:Untuk mencatat pembelian barang, termasuk membayar hutang dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pembelian barang tersebut.

6.Payroll:Untuk mencatat tentang gaji, upah, pajak dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pegawai atau karyawan.

7.Card File:Untuk mencatat dan mengatur secara permanen data-data pelanggan, pemasok, pegawai dan hubungannya dengan pihak lain.

8.Payroll:Untuk mencatat tentang gaji, upah, pajak dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pegawai atau karyawan

Demikian Langkah-langkah cara membuat akun MYOB. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.