Mengapa perkembangan iptek dapat membuat pertumbuhan ekonomi indonesia semakin tinggi

Pada jaman modern sekarang ini, banyak manusia yang membutuhkan suatu alat bantu praktis, untuk mempermudah manusia melakukan berbagai kegiatannya. Teknologi mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang kemudahan itu. Sudah banyak teknologi yang diciptakan oleh manusia untuk mewujudkan keinginan manusia itu sendiri. Upaya yang dilakukan ini, agar kita tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan aktifitas yang melelahkan.

Bayangkan saja pada masa sekarang ini, dengan menggunakan teknologi manusia dapat berkomunikasi, mencari informasi dan belajar dimana saja. Kemajuan teknologi yang telah tercapai sekarang ini benar-benar memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sebagai contoh: hampir setiap orang tidak  bisa terpisah  dari adanya teknologi. Setiap orang menggunakan HP sebagai alat komunikasi langsung jarak jauh untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jika ingin berpergian jarak jauh, kita tinggal naik pesawat saja sudah sampai di tempat tujuan, selain itu berbagai kegiatan yang pada awalnya dilakukan dengan menggunakan banyak tenaga manusia untuk mengerjakannya, kini dengan adanya perkembangan teknologi semuanya dapat teratasi dengan menggunakan tenaga mesin yang relatif lebih cepat dari pada menggunakan tenaga manusia secara manual. Terlepas iya atau tidaknya manusia membutuhkannya, teknologi akan terus berkembang dan terus berkembang. Bagaimana di masa depan nantinya ya?, bisa dibilang sangatlah mungkin jika teknologi yang diciptakan kedepan nantinya, akan mampu beroprasi dengan sendirinya, melewati apa yang dipikirkan oleh manusia.

Dengan demikian dapat dipahami bahwa adanya teknologi, manusia sangat banyak terbantu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, tetapi disisi lain manusia juga harus sadar dengan adanya berbagai macam ancaman yang dapat ditimbulkan dengan adanya teknologi tersebut, yang akan dapat membahayakan manusia itu sendiri.

Dalam perekonomian suatu negara, saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Banyakberbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun sekali lagi, perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif. Dimana masih banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan kejahatan. Dengan demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.

Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari perkembangan teknologi dalam bidang ekonomi :

  1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
  2. Terjadinya industrialisasi
  3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat.

Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi.

Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.

  1. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.

Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.

  1. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.
  1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Namun perkembangan teknologi informasi ini juga memiliki sisi negatif, dimana banyak penyalahgunaan teknologi dalam melakukan tindak kriminal.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia.

Sumber :

http://teknologi.kompasiana.com/terapan/2012/06/24/dampak-teknologi-di-bidang-ekonomi-472207.html

http://midibarubelajar.blogspot.com/2010/12/dampak-positif-dan-negatif-teknologi.html

http://longtime-paradise.blogspot.com/2011/03/dampak-positif-negatif-perkembangan.html

http://fakta-realitas.blogspot.com/2013/01/dampak-positif-dan-negatif-kemajuan.html

Nilai-nilai budaya masa peraksara di indonesia​

Asal usul nenek moyang bangsa indonesia​

latarbelakang perlawanan Hindia Belanda​

tumbuhan, menangkap ikan binatang. Pola hidup sepe food gathering. 2) 3) Peralatan masih terbuat tulang yang masih kasar. Jenis alat yang dihasilkan a … dalah kapak genggam, k dan alat serpih 4) Bertempat tinggal secara 5) Sudah mengenal arti seni merupakan tumbuhan , menangkap ikan binatang . Pola hidup sepe food gathering . 2 ) 3 ) Peralatan masih terbuat tulang yang masih kasar . Jenis alat yang dihasilkan adalah kapak genggam , k dan alat serpih 4 ) Bertempat tinggal secara 5 ) Sudah mengenal arti seni merupakan​

perlawanan rakyat pada masa Hindia belanda​

Jelaskan apa saja hubungan kerja sama dibidang sosial budaya dan pariwisata antar Indonesia dan Filipina

Keadaan arab di bidang ekonomi setelah masuk nya islam

Sebelum meninggalkan bandung selatan, anggota TRI dan pemuda kota bandung membumihanguskan bandung selatan yang dikenal dengan nama bandung lautan ap … i peristiwa itu terjadi pada tanggal

mengapa pada penelitian kuantitatif skripsi jurusan pariwisata memerlukan data (contoh data kunjungan, data hunian hotel) sedangkan jurusan lain seper … tinya bisa dengan objek penelitian seperti restoran tanpa memerlukan data kunjungan? padahal variabel yang digunakan sama

Orbit dari planet-planet mengelilingi matahari berbentuk elips adalah hukum...

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan orasi ilmiah dalam acara wisuda ke XIV dan Dies Natalis ke XVI di Institut Teknologi Del, Toba Samosir, Sumatera Utara (09/09)

01/01/0001 0:00:00

Balige, 11/09/2017/ Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menerangkan bahwa teknologi sebagai salah satu faktor pertumbuhan ekonomi akan mendapat giliran untuk membantu mensejahterakan rakyat. "Pendidikan adalah kunci yang paling utama di dalam suatu negara untuk mampu mengembangkan menjadi negara yang maju sejahtera dan berkeadilan," ujarnya saat memberikan orasi ilmiah dengan tema teknologi dan inovasi dalam acara wisuda ke XIV dan Dies Natalis ke XVI di Institut Teknologi Del, Toba Samosir, Sumatera Utara pada Sabtu (09/09).

Menurutnya, teknologi mampu menciptakan efisiensi ekonomi dan peningkatan daya saing yang lebih tinggi. “Dengan input cost yang semakin rendah, industri mampu memproduksi barang dengan cepat, massal dan dengan kualitas yang semakin baik. Dari sektor perdagangan, teknologi telah menghilangkan batas ruang dan waktu  kegiatan transaksi jual-beli. Dalam literatur di berbagai bidang menunjukkan bahwa teknologi dan inovasi telah meningkatkan tingkat kualitas kesejahteraan manusia. Perubahan teknologi menjadi tidak terelakan dan akan terus berkembang secara eksplosif,”terangnya.

Ia menambahkan, kecerdasan buatan berpotensi untuk menggantikan pekerjaan manusia. Melalui teknologi, berbagai lini kehidupan manusia bergerak sangat cepat. Akibatnya, perkembangan teknologi juga selalu diikuti dengan turunnya sektor dan pelaku yang tidak bisa melakukan adaptasi. 
Pada bidang perekonomian, penerapan teknologi dan automatisasi akan memengaruhi penyerapan tenaga kerja. Hal ini merupakan masalah yang tidak hanya dihadapi negara berkembang tetapi juga negara maju di dunia. Oleh karena itu, Menkeu juga berharap Indonesia harus mampu menyiapkan langkah peningkatan kualitas sumber daya manusia, memperbaiki pasar tenaga kerja, dan memajukan teknologi dan inovasi dengan kegiatan research dan development. (yog/nr)