Sebutkan tiga cara menjaga kebersihan lingkungan

Selalu merapikan tempat tidur
Pastikan untuk selalu merapikan tempat tidur, baik setelah bangun tidur atau ketika Anda bekerja di atas kasur. Jangan lupa untuk mencuci dan mengganti seprai kasur dan bantal minimal dua minggu sekali.

Bersihkan dapur setiap habis digunakan
Dapur adalah tempat kedua yang paling sering didatangi setelah kamar tidur. Ketika semua anggota keluarga beraktivitas di rumah, tentunya kegiatan makan bersama lebih sering dilakukan. Ini tentunya menjadikan Anda juga lebih sering masak, yang sebelumnya mungkin hanya dilakukan 1-2 kali sehari. Karena itu, wajib bagi Anda untuk membersihkan dapur dan peralatannya setiap habis digunakan.

Menyapu dan mengepel lantai setiap hari
Anda harus rutin menyapu dan mengepel lantai rumah setiap hari agar rumah bebas dari debu. Menyapu dan mengepel lantai bisa membersihkan kuman-kuman yang menempel di setiap sudut rumah.
Anda pun bisa menggunakan sabun pencuci lantai yang mengandung desinfektan. Formula dalam desinfektan dapat menghambat atau membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus pada permukaan benda mati.

Mencuci pakaian setiap hari
Meski lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, Anda sebaiknya rutin mencuci pakaian setiap hari. Jika Anda membiarkan pakaian menumpuk dan tidak dicuci, kuman dan bakteri akan menempel lebih lama di pakaian Anda.

Pastikan barang-barang di rumah selalu bersih
Selalu ingat membersihkan barang-barang yang sering Anda pegang, seperti ponsel, laptop, mouse, dan remote control. Anda dapat membersihkannya dengan menyemprotkan alkohol atau cairan desinfektan.
Untuk menunjang kebersihan rumah, Anda harus memiliki peralatan kebersihan yang lengkap sebagai berikut.

Sapu
Peralatan kebersihan pertama yang wajib Anda miliki adalah sapu. Anda bisa menggunakan sapu untuk membersihkan semua sudut rumah, mulai dari kamar, ruang tamu, sampai ke sudut-sudut yang seringkali kotor dan tidak terlihat, seperti samping lemari atau kolong tempat tidur.

Alat pel
Setelah menyapu, tentunya debu-debu masih bisa menempel. Karena itu, Anda perlu memiliki alat pel untuk membersihkan lantai rumah agar terlihat bersih dan terbebas dari debu.

Kemoceng
Untuk membersihkan debu yang menempel pada barang atau perabot rumah, Anda memerlukan kemoceng. Jadi, sediakan kemoceng sebagai pelengkap alat kebersihan Anda di rumah.

Sapu taman
Kebersihan taman juga tak kalah pentingnya. Jaga lingkungan tempat tinggal Anda tetap bersih untuk menunjang kesehatan keluarga dengan taman yang bersih.

Vacuum cleaner
Vacuum cleaner bukan hanya bisa digunakan untuk membersihkan debu di lantai, tapi juga untuk membersihkan debu yang menempel di karpet Anda. Karpet bersih pasti membuat Anda dan keluarga lebih nyaman.
Cobalah untuk rutin membersihkan rumah setiap hari dari mulai perabot, ruang keluarga sampai halaman rumah Anda. Setelah membersihkan rumah, jangan lupa mencuci tangan Anda dengan Lifebuoy Hand Wash atau Lifebuoy Hand Sanitizer. Lifebuoy menjadi pilihan tepat bagi Anda dan keluarga seperti Lifebuoy Active Silver Formula yang dapat membasmi kuman dan bakteri.

3 menit

Menjaga lingkungan tetap bersih akan memberikan beragam manfaat bagi kamu dan orang-orang yang tinggal di lingkunganmu. Sudah tahu apa yang harus kamu lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan? Jika belum, simak saja caranya di sini!

Kebersihan lingkungan harus selalu dijaga agar kita, keluarga, dan masyarakat bisa mendapatkan beragam manfaat, seperti jauh dari penyakit mematikan.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit mematikan, seperti demam berdarah, muntaber, hepatitis, dan lain sebagainya.

Hal ini dapat kamu capai dengan menciptkan lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman.

Lingkungan yang bersih juga sangat penting agar masyarakat terhindar dari penyakit, membuat lingkungan menjadi lebih sejuk, dan membuat air juga udara menjadi lebih bersih.

Oleh karena itu, yuk, segera buat lingkungan lebih bersih dengan mengikuti cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar di bawah ini!

Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Berikut adalah cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar:

1. Mulai dari Lingkungan Rumah

Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah menjaga kebersihan rumah dan halaman

Kebersihan rumah dan halaman membuat kita terbiasa untuk membersihkan lingkungan lainnya.

Pastikan untuk menyapu rumah setidaknya 2 kali sehari dan menyapu halaman setidaknya 2 kali seminggu.

2. Mendaur Ulang

Usahakan untuk selalu mendaur ulang barang-barang yang bisa kita gunakan kembali.

Sebagai contoh, manfaatkan kaleng dan botol bekas untuk dijadikan pot tanaman.

3. Pembuatan Pupuk Kompos

Pupuk kompos bisa dibuat dari sampah organik.

Sampah organik seperti daun, makanan, atau kotoran hewan bisa diolah menjadi pupuk kompos yang berguna bagi pertanian dan perkebunan.

4. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Hal terpenting adalah membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya.

Jangan biarkan sampah bertebaran di mana-mana ya, Sahabat 99!

Sediakan banyak tong sampah di lingkunganmu agar kamu bisa dengan mudah membuat sampah pada tempatnya.

5. Gotong Royong

Membiasakan melakukan gotong royong dengan warga untuk membersihkan lingkungan dan mempererat jalinan kerja sama antar warga.

6. Penghijauan

Ajak juga tetangga untuk menanam banyak bibit pohon di lingkungan sekitar.

Hal tersebut dapat membuat lingkungan semakin asri dan rindang.

7. Memisahkan Jenis Sampah

Cara menjaga kebersihan lingkungan berikutnya adaah dengan memisahkan atau memilah-milah jenis sampah.

Gunakan tempat sampah yang berbeda untuk sampah non-organik dan sampah organik, baik di lingkungan rumah atau sekolah.

Memisahkan kedua jenis sampah ini akan membantu proses pengolahan sampah menjadi lebih baik.

8. Meremukkan Sampah

Salah satu sampah yang sering dibuang oleh masyarakat Indonesia adalah sampah plastik, yakni botol minum plastik.

Selain kuantitasnya yang banyak, botol plastik juga memiliki volume besar, sehingga mudah membuat tempat sampah lebih cepat penuh.

Untuk mengurangi volume sampah, jangan lupa untuk meremukkan sampah-sampah plastik sebelum di buang ya, Sahabat 99!

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

1. Lingkungan Jadi Lebih Sehat

Menjaga kebersihan lingkungan di tempat tinggal, sekolah, dan rumah ibadah dapat membuat masyarakat terhindar dari berbagai penyakit.

Penyakit tersebut meliputi demam berdarah, hepatitis A, tetanus, kolera, dan demam tifoid yang berpotensi muncul pada lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya.

2. Lingkungan Sehat Berkaitan dengan Kesehatan Mental

Tidak hanya kesehatan fisik saja, tapi lingkungan yang sehat juga dapat membuat kesehatan mental terjaga.

Dilansir dari The United Nations Environment Programme, lingkungan yang sehat memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang.

Menghabiskan waktu pada lingkungan yang memiliki banyak ruang terbuka hijau dapat menurunkan tingkat kecemasan dan juga depresi.

3. Lingkungan Sehat Lebih Nyaman untuk Ditinggali

Lingkungan yang bersih membuat kamu lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama.

Selain itu, orang-orang juga akan merasa senang untuk berkunjung ke rumah dengan lingkungan bersih.

***

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Sahabat 99!

Simak juga artikel menarik lainnya hanya di portal Berita 99.co Indonesia.

Kamu sedang mencari rumah di Tangerang? Bisa jadi Sutera Victoria adalah jawabannya!

Cek saja di 99.co/id untuk menemukan rumah idamanmu!