Surga diperuntukkan orang yang benar-benar bertakwa kepada allah adalah

Suara.com - Surga merupakan tempat yang penuh kenikmatan bagi kaum muslim yang telah menjalankan amal baiknya selama di dunia. Siapa saja calon penghuninya dan apa saja nama surga menurut Islam?

Di dalam Al-Qur’an disebutkan surga adalah balasan terbaik bagi umat Muslim di akhirat kelak.

Surga digambarkan sebagai tempat yang kekal abadi. Maka dari itu, penting bagi umat Muslim untuk mengetahui nama-nama surga dan siapa saja calon penghuninya.

Dilansir IslamKita.co, berikut daftarnya:

Baca Juga: Kelenteng Surga Neraka Singkawang: Sejarah dan Fakta Uniknya

Surga Firdaus

Nama surga ini memiliki posisi yang paling tinggi. Surga ini diciptakan oleh Allah SWT khusus untuk orang yang telah memelihara amanat beserta janjinya, juga selalu menjaga salatnya dengan sempurna.

Selain itu, umat muslim yang masuk surga Firdaus ini juga memiliki tingkat keimanan yang tinggi. Ini dijelaskan lewat surah Al-Kahf ayat 107:

Innal laziina aamanuu wa 'amilus saalihaati kaanat lahum Jannaatul Firdawsi nuzulaa.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal.

Baca Juga: Benarkah di Surga Akan Ada Minuman Probiotik Menyehatkan? Begini Kata Dr Zaidul Akbar

Surga Adn

Surga And merupakan surga tingkat kedua yang khusus ditempati oleh umat muslim, salah satunya yang senantiasa bersuci selama hidup di dunia.

Salah satu penghuni di surga Adn ini adalah yang senang berwudhu dan selalu menjaga dirinya bebas dari hadats kecil maupun besar. Lewat surah Ta Ha ayat 76 menyebutkan:

Jannaatu 'Adnin tajrii min tahtihal anhaaru khaalidiina fiihaa; wa zaalika jazaaa'ua man tazakka.

(yaitu) surga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).

Surga Na’iim

Surga Na’iim merupakan nama surga yang dihuni oleh orang-orang beriman yang selalu melakukan amal shaleh di dunia. Tentunya, surga ini dipenuhi dengan kenikmatan yang tidak ada di dunia. Nama surga ini juga disebut lewat surah Luqman ayat 8:

Innal laziina aamanuu wa 'amilus saalihaati lahum Janaatun Na'iim.

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan.

Surga Ma’Wa

Surga ini dipenuhi oleh umat muslim yang senantiasa menahan hawa nafsunya karena Allah SWT. Karena setiap perbuatan baik atau buruk selalu dilihat oleh sang pencipta, maka nama surga ini disebut lewat surah An-Nazi’at ayat 40-41:

Wa ammaa man khaafa maqooma Rabbihii wa nahan nafsa 'anil hawaa. Fa innal jannata hiyal maawaa.

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari (keinginan) hawa nafsunya, maka sungguh, surgalah tempat tinggal (nya).

Surga Darussalam

Dikatakan surga Darussalam merupakan surga yang bebas dari hal yang tidak disukai maupun yang kotor. Bukan berarti surga yang lainnya kotor, namun surga ini diberikan kepada orang-orang beriman pada agama Islam dan juga beramal shaleh. Ini disebutkan lewat surah Al-An’am ayat 127 dan Yunus ayat 25:

Lahum daarus salaami 'inda Rabbihim wa huwa waliyyuhum bimaa kaanuu ya'maluun. (Al-An’am)

Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan.

Wallaahu yad'uuu ilaa daaris salaami wa yahdii mai yashaaa'u ilaa Siraatim Mustaqiim. (Yunus)

Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam).

Surga Muqamah

Surga berikutnya adalah surga Muqamah, yang dihuni oleh orang-orang yang selalu bertobat, bersykur, dan tidak pernah berputus asa selama di dunia.

Seperti penghuni surga lainnya, umat muslim yang masuk surga Muqamah ini hidup kekal abadi. Juga selalu semangat saat merasakan nikmat Allah setiap saat. Surga ini diungkap lewat surah Al-Fatir ayat 34-35:

Wa qoolul hamdu lillaahil laziii azhaba 'annal hazan; inna Rabbanaa la Ghafuurun Shakuur. Allaziii ahallanaa daaral muqoomati min fadlihii laa yamassunaa fiihaa nasabunw wa laa yamassunaa fiihaa lughuub.

Dan mereka berkata: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunia-Nya; didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu”.

Surga Maqamul Amiin

Dikatakan, surga ini ditempati oleh orang-orang yang selalu bertakwa kepada Allah SWT. Tentunya, di dalam surga ini terdapat banyak taman dan juga mata air.

Selain itu, para penghuni surga ini juga memakai pakaian yang terbuat dari sutera dan dikelilingi bidadari. Hal ini diungkap lewat surat Ad-Dukhan ayat 51:

Innal muttaqiina fii maqoomin amiin.

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman.

Surga Khuldi

Surga khuldi ini dihuni oleh orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Disebutkan, surga ini dihuni oleh penduduk surga yang kekal dan tidak berpindah-pindah posisi, serta tidak mencari tempat lain selain surga yang sudah ditempati. Lewat surat Al-Furqan ayat 15 menyebutkan:

Qul azaalika khairun am Jannatul khuldil latii wu'idal muttaquun; kaanat lahum jazaaa'anw wa masiiraa.

Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa?” Dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?”

Semua umat Islam pasti ingin masuk surga. Menurut penjelasan di Jurnal al-Fath 11(2), surga adalah balasan luas biasa yang disediakan Allah untuk hamba yang dicintai-Nya dan taat kepada perintah-Nya. Nama-nama surga ada banyak dengan arti dan tingkatan yang berbeda.

Nama-nama Surga dalam Al-Quran

Mengutip dari Jurnal al-Fath 11(2) dan buku “Akidah Akhlak MI Kelas III”, berikut ini nama-nama surga yang ada dalam Alqur’an.

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus adalah tempat untuk untuk orang yang shalatnya khusuk, menjauhkan diri dari perbuatan sia-sia, rutin membayar zakat, menjaga kemaluannya, menjaga amanah, menepati janji, dan menjaga salat.

Ayat Al-Quran yang menyebutkan nama surga ini yaitu Al-Kahfi ayat 107 dan Al-Mukminun ayat 9 – 11. Berikut ini bunyi Q.S Al-Kahfi ayat 107 beserta artinya.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ كَانَتْ لَهُمْ جَنَّاتُ الْفِرْدَوْسِ نُزُلاً -١٠٧-

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka adalah Surga Firdaus menjadi tempat tinggal (QS. Al-Kahfi ayat 107).

Baca Juga

Nama surga yang kedua yaitu Surga ‘Adn. Salah satu ayat yang menyebutkan surga ini yaitu Q.S. At-Taubah ayat 72 yang berbunyi;

وَعَدَ اللّهُ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ وَرِضْوَانٌ مِّنَ اللّهِ أَكْبَرُ ذَلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ -٧٢

Artinya: Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di Surga 'Adn. dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar (QS. At-Taubah atau 72).

Siapa yang akan menempati Surga ‘Adn? Menurut penjelasan di buku “Akidah Akhlak MI Kelas III”, diperuntukan bagi umat Islam yang bertakwa kepada Allah, beriman dan beramal saleh, melakukan perbuatan baik, sabar, berinfak dengan harta yang dimilikinya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan.

3. Surga Al-Na’im

Surga ini merupakan tempat untuk orang yang bertakwa kepada Allah dan beramal saleh. Nama surga ini juga disebutkan dalam Al-Quran tepatnya di Surat Luqman ayat 8 – 9. Berikut bunyi ayat dan artinya.

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ -٨- خَالِدِينَ فِيهَا وَعْدَ اللَّهِ حَقّاً وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ -٩-

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan, kekal mereka didalamnya. Sebagai janji Allah yang benar dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (Q.S. Luqman ayat 8 – 9).

Baca Juga

Nama-nama surga selanjutnya yaitu Surga Al-Ma’wa. Surga ini diperuntukan bagi orang uang bertakwa kepada Allah, beramal saleh, serta takut kepada kebesaran Allah dan mampu menahan hawa nafsunya.

Ayat Al-Quran yang menyebutkan nama surga ini salah satunya Q.S. As-Sajdah ayat 19 yang berbunyi.

أَمَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ جَنَّاتُ الْمَأْوَى نُزُلاً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ -١٩-

Artinya: Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka bagi mereka janah tempat kediaman sebagai pahala terhadap apa yang mereka kerjakan (Q.S. As-Sajdah ayat 19).

5. Surga Darussalam

Darussalam menjadi nama surga selanjutnya yang disebutkan dalam Al-Quran. Ayat yang menyebutkan nama surga ini salah satunya Surat Yunus ayat 25.

وَاللّهُ يَدْعُو إِلَى دَارِ السَّلاَمِ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ -٢٥-

Artinya: Allah menyeru (manusia) ke Dar as-Salam (surga) dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam) (Q.S. Yunus ayat 25).

Surga ini menjadi tempat kembali orang yang kuat iman dan Islamnya, memperhatikan ayat Allah, dan beramal saleh.

Baca Juga

Darul Muqamah merupakan surga untuk orang yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Arti Darul Muqamah yaitu tempat tinggal orang yang tidak pernah lelah dan tidak merasa lesu. Nama surga ini disebutkan dalam Q.S. Fatir ayat 35.

الَّذِي أَحَلَّنَا دَارَ الْمُقَامَةِ مِن فَضْلِهِ لَا يَمَسُّنَا فِيهَا نَصَبٌ وَلَا يَمَسُّنَا فِيهَا ل��غُوبٌ -٣٥-

Artinya: Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunianya-Nya, didalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu (Q.S. Fatir ayat 35).

7. Surga al-Maqamul Amin

Nama-nama surga selanjutnya yaitu al-Maqamul Amin. Surga ini menjadi tempat bagi orang yang bertakwa. Sebagaimana disebutkan dalam Q.S. Ad-Dukhan ayat 51 yang berbunyi;

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي مَقَامٍ أَمِينٍ -٥١-

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman (Q.S. Ad-Duhkan ayat 51).

8. Surga Khuldi

Surga Khuldi menjadi nama surga terakhir. Surga ini diperuntukan bagi orang yang taat terhadap perintah Allah dan menjauhi larangannya. Surga Khuldi disebutkan dalam salah satu ayat Al-Quran yaitu di Q.S. Al-Furqan ayat 15 sampai 16.

قُلْ أَذَلِكَ خَيْرٌ أَمْ جَنَّةُ الْخُلْدِ الَّتِي وُعِدَ الْمُتَّقُونَ كَانَتْ لَهُمْ جَزَاء وَمَصِيراً -١٥- لَهُمْ فِيهَا مَا يَشَاؤُونَ خَالِدِينَ كَانَ عَلَى رَبِّكَ وَعْداً مَسْؤُولاً -١٦-

Artinya: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa? Dia menjadi balasan dan tempat kembal bagi mereka?” Bagi mereka di dalam surga itu apa yang mereka kehendaki, sedang mereka kekal (didalamnya). (hal itu) adalah janji Tuhanmu yang patut dimohonkan (kepada-Nya) (Q.S. Al-Furqan ayat 15 – 16).

Baca Juga

Delapan nama-nama surga tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Mengutip dari Jurnal al-Fath 11(2) dan Skripsi yang berjudul “Surga dalam Prespektif Al-Quran”, berikut ini arti dari delapan surga tersebut.

  1. Surga Firdaun berarti lembah yang subur atau taman atau kebun kurma.
  2. Surga ‘Adn berarti tinggal atau menetap.
  3. Surga Al-Na’im berarti tempat penuh kenikmatan yang terbuat dari perak putih.
  4. Surga Al-Ma’wa berarti surga tempat kembali.
  5. Surga Darussalam berarti perumahan kesejahteraan.
  6. Surga Darul Muqamah berarti perumahan ketenangan.
  7. Surga al-Muqamul Amin berarti kedudukan sentosa.
  8. Surga Khuldi berarti kekal.

Gambaran Surga

Setelah mengetahui nama-nama surga beserta artinya, mungkin banyak diantara kita yang ingin mengetahui gambaran surga. Mengutip dari Jurnal al-Asas, Vol. 1 No. 2, surga digambarkan sebagai kebun sejuk yang mewah. Dalam kebun tersebut terdapat pohon rindah dan bebas dari parahara.

Baca Juga

Gambaran surga lainnya yaitu sebuah tempat yang terdapat aliran sungai jernih dan tempat para bidadari-bidadari. Pada jurnal tersebut juga dijelaskan bahwa kenikmatan di surga sifatnya kekal dan abadi. Segala kenikmatan dalam surga bisa didapatkan dan dirasakan oleh penghuninya secara luas.

Itulah penjelasan tentang nama-nama surga beserta gambarannya yang dilansir dari berbagai sumber. Surga menjadi bagian dari akhirat yang harus diimani umat Islam. Dengan percaya terhadap keberadaan surga semoga bisa bernilai ibadah bagi penganut agama Islam.