Tuliskan tujuan dari promosi usaha kerajinan dengan inspirasi budaya lokal

tirto.id - Dalam usaha kerajinan, promosi adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk menginformasikan serta memengaruhi target konsumen untuk akhirnya membeli produk. Promosi penting untuk dilakukan agar calon konsumen tertarik untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Strategi sendiri merupakan pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu.

Sedangkan promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga

Jika disimpulkan, strategi promosi adalah kegiatan yang terdiri dari pelaksanaan gagasan, perencanaan, dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan orang-orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.

Tujuan dan Manfaat Promosi

Berikut adalah beberapa tujuan utama mempromosikan sebuah produk, seperti dikutip dari modul Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XI (2020):

a. Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan

b. Meningkatkan angka penjualan.

c. Membangun loyalitas konsumen

Promosi bisnis memang sangat penting karena memengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi :

a. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen

b. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk

c. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen

d. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran

e. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen

f. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya

g. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi

Strategi Promosi Usaha Kerajinan

Seorang pengusaha kerajinan harus mengetahui beberapa strategi penjualan untuk meningkatkan popularitas produk yang dihasilkan. Beberapa teknik promosi yang dapat dilakukan untuk usaha kerajinan di antaranya adalah:

1. Memberikan kupon (Coupons)

Kupon dapat dikirim, disertakan atau dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalam iklan di majalah dan koran. Kupon agar efektif sebaiknya memberikan potongan harga 15% sampai 20%.

2. Price-off Deals/Discount (Potongan harga)

Teknik ini dilakukan dengan memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar dari 10% -50%.

3. Premium and advertising specialties (Promosi spesial)

Teknik ini dilakukan dengan memberikan barang dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk tertentu.

4. Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian)

Teknik promosi yang dilakukan dengan memberikan hadiah berupa tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barang-barang karena membeli sesuatu.

5. Sampling and trial offers (pemberian contoh produk)

Merupakan teknik promosi dengan memberikan penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Sampel itu dapat dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau dipajang dalam suatu penawaran iklan.

Pemberian sampel adalah cara yang paling efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru.

Selain itu, pengusaha kerajinan juga bisa memulai model promosi yang sesuai dengan era digital seperti sekarang. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan sebagai strategi promosi usaha kerajinan:

1. Membuat Website atau Toko Online

Memiliki website ibarat memiliki sebuah toko atau tempat bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa dan memikirkan lokasi yang strategis.

2. Menggunakan Media Sosial

Dengan berkembangnya teknologi komunikasi secara global, sosial media merupakan salah satu alat komunikasi dan strategi promosi produk yang perlu dimiliki para pengusaha maupun calon pengusaha.

Hal ini diperlukan untuk menjembatani antara pelaku bisnis dan pembeli atau calon pembeli agar terjalin komunikasi dengan mudah, cepat, dan efisien.

3. Membuat Channel Youtube

Youtube menjadi media yang sangat mungkin untuk dijadikan bahan promosi, hal ini pula yang menginspirasi strategi promosi masa kini menggunakan gambar bergerak berupa animasi, motion graphic hingga vlog.

Membuat tampilan promosi dengan menggunakan media video dirasa sangat efektif dan memiliki dampak yang signifikan dan tentunya dalam platform youtube ini kalian tidak memerlukan biaya dalam membuat akun.

Melalui video usaha dapat lebih detail ditampilkan, mulai dari keterangan produk yang biasa disampaikan melalui brosur maupun bentuk dan review produk tersebut.

4. Menggunakan Sarana Iklan Gratis

Media internet yang begitu luas dan tanpa batas menawarkan berbagai kemudahan bagi kalian dalam menemukan sarana beriklan gratis. Sudah banyak situs-situs yang menawarkan iklan gratis tentunya dengan timbal balik yang jelas dan pantas.

Biasanya anggota situs tersebut diminta untuk mendaftarkan produknya dan menulis penawaran produk atau jasa tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

Baca juga:

  • Penjelasan Teknik Promosi dalam Wirausaha: Jenis Media & Tujuannya
  • Mengenal Kerajinan dari Kain Perca: Alat, Bahan dan Contoh Produk
  • Kenali Media Promosi, Bentuk & Contohnya: Media ATL, BTL Serta TTL

Baca juga artikel terkait STRATEGI PROMOSI USAHA KERAJINAN atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - ulf/ulf)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

1. Tunjukkan bagaimana cara membuat hubungan antara audience dengan media. 2. Bagaimanakah cara menerapkan teori public relations dalam organisasi 3. … Apakah public relations bisa diterapkan dalam institusi pemerintah.​

Pada lahan dengan luas 1,5 ha akan ditanami jagung manis dengan jarak tanam 50 cm x 20 cm eesiensi lahan 80 %, berapa jumlah populasi tanaman jagung y … ang akan di tanam? * 4 poin A. 100.000 pop B. 150.000 pop C. 120.000 pop D. 175.000 pop E. 200.000 pop​

Bagaimana pendapat Anda terkait perubahan politik yang menjadi salah satu sumber peluang usaha? Jelaskan berdasrkan pandangan Anda sendiri.

jelaskan struktur scm sederhana!apa saca keuntungan crm untuk kelangsungan suatu bisnis?​

3. Anggaplah anda memiliki badan usaha yang usahanya hampir bangkrut, akan tetapi badan usaha anda tersebut masih memiliki sisa dana. Menurut anda, an … da akan mengambil sisa dana anda tersebut dengan kata lain anda menarik dana sisa usaha anda dikarenakan takut semakin terpuruk atau anda terus melanjutkan usaha anda yang belum tau hasilnya (bisa jadi bangkrut total tidak memiliki dana sisa sama sekali atau malah semakin membaik)? Berikan alasan nya kenapa anda memilih pilihan tersebut !

kenapa saya komentar di pc, tiidak muncul komentar nya di pc orang lain?kalau dipc saya kelihatan

Apakah Anda setuju, knowledge creation yang dimaksud di era informasi itu lebih dimaknai sebagai explicit knowledge/knowledge sharing dibanding sebaga … i tacit knowledge, jelaskan secara singkat!

Bagaimana common, beliefs, values dan norma perilaku berpengaruh pada strategi perusahaan

Evaluasi dan perencanaan produktivitas adalah

Jelaskan keputusan keputusan yang termasuk dalam proses manajemen operasi bisnis internasional