Wilayah Indonesia yang beriklim Af menurut Koppen secara alami memiliki jenis hutan

kasus perairan minamata adalah contoh masuknya limbah industri berupa : A. Arsenik B. Metil merkuri C. Sulfur dioksida D. Endosulfon E. Timbal​

jenis flora yang dominan di wilayah provinsi Nusa tenggara timur adalahA, Hutan musimB, Hutan musim tropicC, Hutan hujan tropicD, Hutan EvergreenE, Sa … bana ​

tolong jawab semua soal itu ya​

27. Dalam menghadapi ancaman beragam bencana di Indonesia, pemerintah membentuk BNPB yang memiliki tugas, diantaranya ... A. Menghargai budaya lokal B … . Perumusan dan penetapan ke- bijakan penanggulangan ben- cana C. Pengoordinasian pelaksanaan pe- nanggulangan bencana D. Mengawasi pelaksanaan jalan- nya pemerintahan E. Memberikan pedoman dan pe- ngarahan terhadap penanggu- langan bencana 27. Dalam menghadapi ancaman beragam bencana di Indonesia , pemerintah membentuk BNPB yang memiliki tugas , diantaranya ... A. Menghargai budaya lokal B. Perumusan dan penetapan ke bijakan penanggulangan ben cana C. Pengoordinasian pelaksanaan pe nanggulangan bencana D. Mengawasi pelaksanaan jalan nya pemerintahan E. Memberikan pedoman dan pe ngarahan terhadap penanggu langan bencana​

Jelaskanlah bagaimana Prospek dan Tantangan Perekonomian Indonesia saat sekarang ini dan dimasa yang akan datang, serta di sektor mana prospek dan tan … tangan perekonomian di Indonesia tetap masih bisa bertahan dan semakin berkembang walaupun sedang terjadi pandemic covid 19 saat sekarang ini. Jelaskan dengan memberikan contoh dan alasannya

Air tanah yang keluar dari permukaan bumi karena memiliki tekanan yang sangat kuat dan terletak di antara dua lapisan batuan impermeabel disebut air … tanah . . . . A. artesis B. freatis C. tubir D. juvenil E. meteorik

Berdasarkan posisi geografis garis lintang, penyebab terjadinya perbedaan iklim dan cuaca di berbagai tempat adalah unsur . . . . A. curah hujan B. … kelembapan udara C. penyinaran matahari D. angin E. awan

Berdasarkan keaktifannya, Gunung Merapi (Jawa Tengah) dan Gunung Krakatau (Selat Sunda) termasuk kelompok gunung api . . . . A. aktif B. istirahat … C. tidak aktif D. superaktif E. mati

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! (1) Terjadinya pembentukan dan perubahan cuaca, seperti angin, awan, dan hujan. (2) Kandungan unsurnya ya … ng didominasi oleh unsur nitrogen dan oksigen. (3) Lapisan yang mengandung air. Pernyataan tersebut adalah ciri-ciri lapisan . . . . A. troposfer B. eksosfer C. ionosfer D. stratosfer E. mesosfer

Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut. (1) Massa udara bersifat panas yang mengandung banyak uap bertemu dengan massa udara dingin. (2) Massa ud … ara panas kemudian naik, terjadi kondensasi, sehingga setelahnya turun hujan. Hujan yang terjadi karena proses tersebut merupakan hujan A. zenithal B. orografis C. monsun D. sinklonal E. frontal

Lihat Foto

shutterstock

Ilustrasi hutan hujan tropis Amazon di Brasil, Amerika Selatan

KOMPAS.com - Hutan hujan tropis merupakan hutan lebat yang berada di dataran tinggi tropis basah dan dataran rendah di sekitar Khatulistiwa.

Hutan hujan tropis, yang merupakan salah satu bioma terbesar di dunia, didominasi oleh tumbuhan berdaun lebar, pohon dengan bagian atas yang lebat hingga membentuk kanopi, dan beragam vegetasi lainnya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua hutan hujan tropis berada di tempat dengan curah hujan yang tinggi dan konstan.

Ada pula yang disebut “hutan hujan kering” di timur laut Australia yang iklimnya diselingi oleh musim kemarau sehingga curah hujannya berkurang. 

Iklim hutan hujan tropis

Dilansir dari Sciencing, hutan hujan tropis memiliki iklim tropis, yang ciri utamanya adalah suhu yang hangat.

Baca juga: Dampak Perubahan Iklim, Bunga di Inggris Mekar Sebulan Lebih Awal

Ciri lain iklim yang disebut iklim Af oleh klasifikasi iklim Köppen ini adalah variabilitas suhu. 

Pada skala harian, suhu hutan hujan tropis dapat bervariasi secara drastis hingga 20 derajat.

Namun, pada skala tahunan, iklim hutan hujan tropis tidak terlalu bervariasi dalam suhu.

Para peneliti juga menganggap daerah tropis sebagai daerah di lokasi tertentu di dunia juga. 

Wilayah yang memiliki iklim Af atau iklim hutan hujan tropis

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, hutan hujan tropis adalah jenis vegetasi utama tertua yang masih ada di bumi terestrial.

Baca juga: Penurunan Jumlah Hewan Bikin Tanaman Sulit Beradaptasi dengan Perubahan Iklim

Namun, sebagaimana semua vegetasi, hutan hujan terus berevolusi dan berubah sehingga hutan hujan tropis modern tidak lagi identik dengan hutan hujan di masa lalu.

Wilayah hutan hujan tropis ditemukan di beberapa wilayah di Asia, Oseania, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Adapun wilayah yang memiliki Iklim Af di antaranya adalah Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Vanuatu, sebagian Indochina dan Australia tropis, Amerika Selatan dan Tengah seperti di cekungan Amazon, serta Afrika Barat dan Tengah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Ilustrasi musim dingin. ©Pixabay

TRENDING | 23 Juni 2021 12:45 Reporter : Billy Adytya

Merdeka.com - Iklim menurut Koppen berdasarkan pada rata-rata curah hujan dan suhu, mulai dari bulanan maupun tahunan. Berdasarkan unsur-unsur cuaca dan iklim tersebut, Koppen membagi permukaan bumi ke dalam lima golongan iklim.

Klasifikasi dari Koppen menggunakan sistem huruf kapital yaitu seperti A (iklim tropis), B (iklim arid atau kering), C (iklim sedang), D (iklim dingin) dan E (iklim kutub).

Selain itu, Koppen juga mempunyai tujuan dalam pengklasifikasian ke lima iklim tersebut. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai iklim menurut Koppen, berikut adalah penjelasan lengkapnya beserta dengan pengertian dan manfaatnya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Jenis pengklasifikasian iklim memang mengandung maksud serta tujuan masing-masing. Seperti halnya pengklasifikasian iklim oldeman yang digunakan dalam bidang pertanian, maka pengklasifikasian iklim Koppen ini tentu memiliki manfaat.

Klasifikasi iklim menurut Koppen memiliki tujuan agar merancang formula yang menentukan batas-batas iklim sedemikian rupa, sehingga akan sesuai dengan mereka yang sedang berada di zona vegetasi atau bioma yang sedang dipetakan pertama kalinya selama hidupnya.

3 dari 5 halaman

Klasifikasi iklim menurut Koppen terbagi menjadi 9. Mulai dari A yakni iklim tropis, B yaitu iklim kering, C yakni iklim sedang, D yaitu iklim dingin, E iklim kutub, f yang selalu basah atau hujan bisa jatuh di segala musim, S atau bula kering pada musim panas di belahan bumi yang bersangkutan.

Selanjutnya adalah W atau merupakan bulan kering (winter) dan yang terakhir adalah hujan cukup atau medium.

4 dari 5 halaman

Iklim hujan tropis adalah wilayah yang memiliki temperatur bulanan terdingin sekitar 18 derajat celcius. Iklim ini termasuk kategori iklim yang panas dan dibagi menjadi tiga tipe yaitu Hutan hujan tropis (Af), Moonsoon tropika (Am) dan Savana (Aw.

Iklim Hujan Kering (B)

Selanjutnya adalah iklim kering atau sub tropis yakni daerah yang memiliki tingkat penguapan tinggi daripada curah hujan dan temperatur pada bulan yang terdingin mencapai 18,3 derajat celcius. Iklim di persediaan air bahkan tak mendukung untuk kehidupan tanaman dan bibagi menjadi dua tipe yakni iklim stepa (Bs) dan juga iklim padang pasir (Bw), tanaman diantaranya adalah kaktus.

Iklim Hujan Sedang (C)

Berikutnya adalah iklim hujan sedang yang memiliki suhu rata-rata di bulan terpanas lebih dari 10 derajat celcius. Sama seperti dua jenis iklim sebelumnya, iklim ini dibagi menjadi tiga tipe yaitu iklim sedang dengan musim panas yang kering (Cs), iklim dengan musim dingin yang kering (Cw) dan iklim sedang yang lembap (Cf).

5 dari 5 halaman

Wilayah yang memiliki iklim dingin mempunyai temperatur atau suhu rata-rata di bulan-bulan terdingin kurang dari -3 derajat celcius. Iklim ini juga dibagi ke dalam dua tipe yaitu iklim dingin dengan musim panas yang kering (Dw) dan iklim dingin tanpa periode siang (Df).

Iklim Kutub (E)

Iklim yang terakhir adalah iklim kutub yang memiliki iklim kutub dengan temperatur rata-rata di bulan terpanas kurang dari 10 derajat celcius. Iklim kutub ini dibagi menjadi dua tipe yaitu iklim tundra (ET) dan iklim es salju abadi (EF).

(mdk/bil)