Yang memukul bola dalam permainan kasti dilakukan secara

Olahraganesia.id – Mungkin masih banyak yang belum bisa mempraktekkan cara memukul bola kasti. Sebenarnya memukul bola kasti bisa dikatakan cukup sulit, apalagi bagi kamu yang belum pernah melakukannya.

Bahkan tidak sedikit pemain yang meleset saat memukul bola kasti tersebut, untuk itu kamu harus benar-benar paham mengenai cara memegang tongkat pemukul yang tepat, dan tetap fokus terhadap arah datangnya bola.

Untuk lebih lengkapnya mengenai cara memukul bola kasti, simak ulasan di bawah ini.

Tujuan Memukul Bola

Dalam permainan bola kasti, memukul bola adalah salah satu teknik dasar yang perlu dikuasai dengan baik dan sesuai aturan. Apa tujuan dari memukul bola? Perlu kamu ketahui tujuan melakukan pukulan bola yaitu untuk menjauhkan bola dari lawan atau biasa disebut tim penjaga.

Dengan hasil pukulan bola yang tinggi dan melesat jauh, maka pemukul bisa segera berlari mencapai base sampai bisa kembali menuju ruang bebas. Pemukul bola yang melakukan tugasnya dengan baik tanpa terkena lemparan bola lawan akan mendapatkan poin nilai.

Cara Memukul Bola Kasti

Agar dapat memukul bola kasti dengan benar dan tepat sasaran, maka kamu bisa mencoba beberapa teknik yang akan dijelaskan di bawah ini. Teknik memukul bola kasti harus dikuasai oleh semua pemain karena nantinya akan bergantian untuk bermain satu per satu sebagai tim pemukul.

Sebelum membahas cara memukul bola kasti secara melambung, mendatar, dan merendah, kamu perlu tahu bagaimana cara memegang tongkat kasti dengan metode yang benar. Tongkat kasti yang biasa digunakan adalah kayu yang ukurannya sudah disesuaikan dengan aturan atau standar.

  • Posisikan kaki dengan tepat dan membukanya selebar bahu, kemudian pegang tongkat pemukul kasti dengan menggunakan tangan kanan.
  • Ayunkan tongkat pemukul kasti ke arah belakang sampai bagian bahu. Gunakan tangan kiri untuk memberikan tanda kepada pelempar bola jika sudah siap untuk memukul bola.
  • Fokus terhadap arah datangnya bola lalu pukul dengan cepat dan sekeras mungkin. Misalnya pelambung bola tidak melambungkan bola sesuai permintaanmu, maka kamu berhak untuk tidak memukul bola dan mengulanginya kembali.
  • Cara memegang bola kasti sebenarnya sama dengan memegang raket bulu tangkis, oleh sebab itu bisa mempengaruhi hasil pukulan pada target.

Pada umumnya tongkat pemukul bola kasti memiliki panjang sekitar 50-60 cm. Bagian penampang tongkatnya berbentuk oval dengan lebar maksimal 5 cm. Ketebalan tongkat bola kasti hanya sekitar 3,5 cm saja agar mudah dipegang oleh para pemain.

Sebelum membahas cara memukul bola kasti, ada baiknya untuk belajar memegang tongkat pemukul dengan benar dan sesuai aturan. Kekeliruan saat memegang tongkat pemukul dikhawatirkan akan membuat pukulan bola tidak optimal dan menyebabkan kekalahan tim.

#1. Memukul Bola Lurus

Teknik pukulan lurus dalam permainan kasti dilakukan dengan tujuan agar hasil pukulan bisa melaju dengan cepat dan lurus. Dalam melakukan pukulan lurus, kamu harus memastikan posisi badan tegap kemudian menyamping dari arah datangnya bola.

  • Posisi awal dengan berdiri menyamping dari pelambung bola. Kemudian posisikan badan tegap dengan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  • Pegang kuat tongkat pemukul dengan menggunakan satu tangan. Lalu tangan satunya akan digunakan untuk memberikan tanda dari arah pelempar bola yang memberikan bola secara lurus.
  • Saat bola datang, ayunkan tongkat pemukul dengan sekuat tenaga pada arah bola yang lurus.
  • Hasil pukulan bola yang tepat akan meluncur lurus mendatar ke depan. Pada umumnya, sikap akhir setelah melakukan pukulan bola lurus yaitu tongkat pemukul mengayun ke depan serta ke samping.

#2. Memukul Bola Lambung

Cara memukul bola kasti secara melambung adalah teknik dasar permainan kasti yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Dengan menguasai teknik memukul bola secara melambung, kamu akan membuat bola melambung tinggi dan jauh, sehingga sulit didapatkan oleh tim penjaga.

  • Silahkan posisikan kaki kanan berada di belakang, kemudian kaki kiri berada pada posisi depan.
  • Tangan yang digunakan untuk memegang tongkat pemukul diusahakan dalam posisi sedikit serong sampai dengan 450 ke bagian bawah.
  • Fokus pada arah datangnya bola, lalu mulai ayunkan tangan ke samping kiri bagian atas.
  • Lakukan pukulan sekuat tenaga agar bola bisa melambung tinggi dan jauh.

#3. Memukul Bola Mendatar

Selain ada teknik memukul bola melambung tinggi, kamu juga perlu belajar cara memukul bola secara mendatar. Pukulan bola mendatar memang agak sulit dilakukan, akan tetapi hasil pukulannya bisa mempersulit tim penjaga dalam menangkap bola.

Pukulan bola mendatar juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan bola lambung. Untuk dapat melakukannya, kamu perlu banyak berlatih dan memposisikan tubuh sesuai dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Silahkan posisikan kaki kanan tepat berada di bagian belakang, kemudian kaki kiri berada pada posisi depan.
  • Letakkan tongkat pemukul sejajar dengan bahu dengan tangan kiri lurus agar bisa mendapatkan bola mendatar.
  • Fokuskan pandangan terhadap arah datangnya bola, kemudian ayunkan pemukul secara mendatar.
  • Lakukan pukulan sekuat mungkin untuk agar bola bisa melesat jauh mendatar dan kamu bisa berlari ke ruang bebas dengan aman.

#4. Memukul Bola Merendah

Cara memukul bola kasti secara merendah juga perlu untuk dikuasai. Teknik memukul bola merendah bertujuan untuk memantulkan bola ke tanah dengan cepat, sehingga tim penjaga terkecoh dan mengalami kesulitan dalam menebak ataupun menangkap laju bola.

  • Pastikan tubuh dalam keadaan tegak, letakkan kaki kanan berada pada bagian belakang, kemudian posisikan kaki kiri berada di bagian depan.
  • Pegang tongkat pemukul dengan benar sesuai dengan teknik yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  • Letakkan tongkat pemukul kasti ke arah belakang atas, kemudian arahkan pandangan pada kedatangan bola.
  • Ayunkan tongkat pemukul kasti dari bagian atas ke bawah lalu pukul sekuat tenaga. Teknik pukulan yang tepat akan membuat pantulannya keras dan melesat jauh ke arah yang tidak menentu.

Tips Latihan Memukul Bola Kasti

Dalam rangka untuk memudahkan dalam belajar memukul bola, maka diperlukan metode latihan khusus dengan cara menggantung bola menggunakan seutas tali.

Kamu bisa menyiapkan posisi badan sesuai dengan langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya sambil memegang tongkat pemukul. Kemudian pukul gantungan bola sesuai dengan teknik melambung, datar, lurus atau ke bawah.

Teknik memukul bola dengan cara digantung bertujuan untuk mengupayakan pukulan bola dengan tepat dan sesuai target. Selain dengan latihan memukul bola digantung, kamu juga harus membiasakan melakukan pemanasan dengan berlari.

Lari kencang adalah kunci penting dalam permainan kasti, sehingga bisa lolos dari lemparan bola tim lawan.

Akhir Kata

Cara memukul bola kasti yang benar bisa dilakukan dengan menggunakan 4 teknik yaitu teknik bola melambung, teknik lurus, teknik mendatar, dan teknik merendah. Namun dalam hal ini, pemain bola kasti juga perlu menguasai baik cara memegang tongkat bola kasti yang benar dan sesuai aturan.

Kalau menurut kamu informasi ini bermanfaat, silahkan share artikel ini ke teman-teman kamu. Sekian, salam olahraga!

Ilustrasi Cara Memukul Bola dalam Permainan Kasti. Foto: Unsplash

Terdapat macam-macam cara memukul bola dalam permainan kasti. Cara ini tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan para pemain dan strategi yang digunakan tim di lapangan.

Kasti, atau baseball, merupakan salah satu olahraga yang termasuk ke dalam olahraga bola kecil. Olahraga ini juga dilakukan secara beregu. Masing-masing regu berperan sebagai regu pemukul dan regu penjaga.

Olahraga kasti juga termasuk permainan yang memiliki berbagai macam teknik yang harus dikuasai oleh para pemainnya. Adapun teknik tersebut di antaranya yaitu teknik melempar, menangkap, serta teknik memukul.

Dari ketiga teknik tersebut, pukulan menjadi teknik penting agar tim bisa mendapatkan poin. Teknik pukulan yang benar juga akan berpengaruh terhadap hasil pukulan, ketepatan, serta jarak terbangnya bola. Selain itu, teknik pukulan juga bergantung dengan kekuatan dan tingkat akurasi yang dimiliki oleh seorang batter (pemukul).

Untuk mendapatkan hasil pukulan yang baik, ada beberapa cara memukul bola dalam permainan kasti yang dapat digunakan. Info Sport sudah tuliskan macam-macam cara memukul bola dalam permainan kasti di bawah ini.

Ilustrasi Cara Memukul Bola dalam Permainan Kasti. Foto: Unsplash

Dikutip dari buku Softball dan Baseball (Teori dan Praktik) oleh Anggia Setia Lengkana dan Rana Gustian Nugraha, ada dua cara dalam melakukan pukulan, di antaranya:

1.Teknik Memukul dengan Ayunan (Swing)

  1. Pegang bet/alat pemukul dengan grip yang benar

  2. Usahakan badan rileks hingga lengan dan pergelangan tangan tidak tegang

  3. Sesuaikan posisi berdiri dengan panjang lengan dan pergelangan tangan

  4. Berdiri di batter box dengan posisi kuda-kuda. Perhatikan kaki agar tidak terlalu lebar maupun terlalu rapat

  5. Geser kaki depan ke arah datangnya bola

  6. Ketika bola datang, lakukan ayunan tangan ke depan yang diikuti dengan putaran badan ke arah depan pula

  7. Perhatikan arah datangnya bola. Jika menginginkan bola melambung, maka ayunkan lengan ke arah atas. Namun jika menginginkan bola lurus, maka putaran badan arahkan lurus pula. Sedangkan jika ingin bola menyusuri tanah, maka putaran badan arahkan ke bawah.

Selain posisi badan yang benar dan ayunan lengan, kekuatan otot lengan juga menjadi hal yang berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang dihasilkan. Selain itu, pemukul juga harus memerhatikan arah bola yang akan dituju.

2. Teknik Memukul Tanpa Ayunan

Ilustrasi cara memukul bola dalam permainan kasti. Foto: Chris Chow/Unsplash

Teknik pukulan tanpa ayunan disebut juga dengan teknik pukulan butting. Teknik ini dilakukan untuk mengadang atau menghentikan laju bola yang dilempar dengan menggunakan pemukul hingga bola jatuh. Ada pun cara untuk melakukannya yaitu:

  1. Sikap awal pemukul serupa dengan teknik memukul dengan ayunan

  2. Posisikan kedua kaki dalam posisi sejajar

  3. Bersamaan dengan pivot foot, geser tangan yang berada di posisi belakang ke arah ujung lutut

  4. Selanjutnya lakukan pukulan. Dengan pivot foot yang cepat, maka pemukul akan memperoleh hasil pukulan yang sempurna.

Itulah informasi mengenai macam-macam cara memukul bola dalam permainan kasti.