Yang tidak termasuk peran pemerintah dalam perekonomian adalah

Lihat Foto

Freepik

Tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai konsumen, produsen dan regulator

JAKARTA, KOMPAS.com – Secara umum, ada empat jenis pelaku ekonomi di Indonesia. Keempat pelaku ekonomi tersebut yakni rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, rumah tangga pemerintah, dan masyarakat luar negeri.

Masing-masing dari pelaku ekonomi tersebut memiliki peran yang berbeda-beda. Misalnya, tiga peran penting rumah tangga pemerintah adalah sebagai produsen, konsumen, sekaligus pengendali perekonomian.

Sementara peran rumah tangga konsumen di antaranya adalah menyediakan berbagai faktor produksi. Sedangkan salah satu peran rumah tangga produsen adalah memproduksi barang atau jasa.

Sebagaimana diketahui, pelaku ekonomi adalah unsur yang harus ada dalam kegiatan perekonomian. Bisa dikatakan pelaku ekonomi adalah pihak dalam suatu sistem ekonomi yang menjalankan kegiatan ekonomi.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Masih Mahal, Simak Harga Pangan Hari Ini

Subjek perorangan maupun organisasi atau pemerintah merupakan pelaku ekonomi yang melakukan kegiatan ekonomi berupa produksi, konsumsi, dan distribusi.

Pelaku ekonomi juga dapat diartikan sebagai seseorang atau organisasi yang memiliki pengaruh terhadap motif ekonomi, yakni dengan memproduksi, membeli, atau menjual. Secara lebih rinci, berikut penjelasan mengenai empat jenis pelaku ekonomi di Indonesia:

1. Rumah tangga konsumen

Dikutip dari laman Gramedia.com, jenis pelaku ekonomi yang pertama ialah rumah tangga konsumen (RTK). Dalam kegiatan ekonomi, peran rumah tangga konsumen adalah sangat penting.

Sederhananya, yang disebut sebagai rumah tangga konsumen adalah sekelompok orang atau badan yang melakukan kegiatan konsumsi. Contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rumah tangga konsumen adalah membeli berbagai bahan makanan, seperti beras, telur, daging, sayuran, dan lainnya.

Baca juga: Minta Bank Salurkan Kredit ke PKL, Menko Airlangga: Rata-rata Mereka Tak Punya Utang

Adapun peran rumah tangga konsumen adalah mengonsumsi nilai guna suatu barang atau jasa yang disediakan oleh produsen. Kemudian, peran rumah tangga konsumen lainnya adalah menyediakan berbagai faktor produksi.

Faktor-faktor produksi yang dimaksud seperti tenaga kerja atau sumber daya manusia, modal, dan dana tanah atau lahan. Rumah tangga konsumen yang menyediakan faktor produksi nantinya akan menerima balas jasa dari rumah tangga produsen.

Lihat Foto

Dok. Pupuk Indonesia

Salah satu pabrik pupuk milik Pupuk Indonesia.

KOMPAS.com – Pemerintah merupakan salah satu pelaku di dalam perekonomian Indonesia. Pelaku ekonomi merupakan pihak yang menjalankan kegiatan ekonomi dan harus ada dalam perekonomian suatu negara.

Pemberian subsidi oleh pemerintah, penetapan harga bahan bakar, penentuan tarif impor adalah contoh peran rumah tangga pemerintah sebagai pelaku ekonomi.

Peran pemerintah sebagai pelaku ekonomi didasarkan atas UUD 1945 Pasal 33.

Pasal 33 Ayat 2 berbunyi, ”Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.”

Dan Ayat 3 berbunyi, ”Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.”

Baca juga: Anomali Minyak Goreng di Negara Produsen Sawit Terbesar di Dunia

Peran rumah tangga pemerintah sebagai pelaku ekonomi, yaitu sebagai produsen, konsumen, distributor, dan pengendali perekonomian.

Sebagai Produsen

Kegiatan produksi yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat demi terwujudnya kemakmuran rakyat.

Peran pemerintah sebagai produsen ini dilakukan melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Misalnya, pembangunan fasilitas umum seperti jalan dan jembatan oleh BUMN yang bergerak di infrastruktur, BUMN Karya.

Selain itu, kegiatan produksi juga dilakukan oleh BUMN lain, seperti perusahaan listrik negara (PT PLN), bahan bakar minyak (PT Pertamina), perkebunan (PT Perkebunan Nusantara), pabrik pupuk (PT Pupuk Indonesia), dan pabrik semen (PT Semen Indonesia), dan lain-lain.

Sebagai Konsumen

Dalam mengelola negara dan menjalankan pemerintahan, pemerintah membutuhkan barang dan jasa. Begitu juga untuk menjalankan kegiatan produksi.

Jelaskan 3 peran pemerintah di dalam perekonomian! 

Mau dijawab kurang dari 3 menit? Coba roboguru plus!

menerima pendapatan dari rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, dan rumah tangga luar negeri  

tuliskan 5 contoh info uni ( pengetahuan baru )​

Siapa nama panglima perang yang hebat dari Kerajaan Majapahit​

Di beberapa daerah terjadi kelangkaan BBM bersubsidi karena terlambat pasokannya sehingga di beberapa SPBU terlihat antrean panjang kendaraan yang ing … in mengisi bahan bakar. Cara yang paling tepat untuk mengatasi kelangkaan tersebut dalam jangka pendek adalah .… a. Mengurangi pasokan BBM bersubsidi agar masyarakat tidak tergantung b. MemperbanyakBBM non-subsidi agar masyarakat pindah dari BBM bersubsidi c. Membatasi pembelian oleh masyarakat agar tidak lagi terjadi kelangkaan d. Memperbaiki saluran distribusi sehingga tidak terjadi keterlambatan​

Ferdi seorang siswa SMP yang memiliki uang saku sebesar Rp 5.000,00. Tindakan ekonomi Ferdi sebagai konsumen sesuai prinsip ekonomi adalah ....a. Rp 5 … .000,00 untuk membeli makanan dan minuman kesukaannyab. Rp 5.000,00 seluruhnya ditabung guna memenuhi kebutuhan pada masa depanc. Rp 4.000,00 untuk membeli makanan, sisanya Rp 1.000,00 ditabungd. Rp 1.000,00 untuk membeli makanan, sisanya Rp 4.000,00 untuk membeli mainan​

Perkembangan IPTEK saat ini membawa manfat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pesatnya perkembangan IPTEK dapat dilihat dengan sem … akin bermunculan teknologi canggih yang dapat membantu aktivitas manusia. Dampak positif dari perkembangan IPTEK adalah …. a. Dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat b. Menyebabkan polusi dimana masyarakat menggunakan hasil perkembangan IPTEK c. Mengurangi permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh setiap indivudi atau masyarakat d. Dapat mengurangi pengetahuan dan informasi

diantara jawaban berikut yang bukan tujuan distribusi yaitu a menyalurkan barang dari produsen ke konsumen barang b membantu kegiatan produsen melalui … pemasaran tersebut c membantu meningkatkan produsen melalui pemasaran tersebut d membantu meningkatkan penjual​

Tuliskan tujuan setiap negara penjajah melakukan penjelajahan ke Indonesia!​

1) Andi membantu teman yang kena musibah 2) Beni belajar sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai yang bagus 3) Wanda membantu orang tuanya berjualan g … orengan untuk memenuhi kebutuhan 4) Andre mengikuti pertandingan bulu tangkis dengan penuh semangat agar mendapat gelar juara bertahan Berdasarkan pernyataan di atas tindakan yang dilandasi motif memperoleh penghargaan adalah...​

A. Pilihlah jawaban yang tepat dengan member 1. Sumber-sumber devisa negara antara lain sebagai berikut, kecuali.... a. ekspor barang-barang b. pinjam … an luar negeri C. penyelenggaraan jasa-jasa d. modal yang belum terpakai 2. Tujuan utama deregulasi impor yang dilakukan oleh pemerintah ialah .... a. melindungi masyarakat pemakai mengendalikan inflasi b. C. melindungi produksi dalam negeri d. menurunkan harga barang impor 3. Berikut yang bukan merupakan devisa umum adalah... a. pinjaman luar negeri hasil ekspor b. C. penyelenggaraan jasa d. bunga modal 4. Barang ekspor Indonesia yang termasuk barang konsumsi, antara lain... a. mesin b. susu C. besi d. kapas 5. Keuntungan memanfaatkan Penanaman Modal Asing (PMA) adalah seperti tersebut di bawah ini, kecuali.... a. mendapatkan alih teknologi b. menghemat devisa C. harga hasil produksi lebih murah d. mengurangi tenaga kerja 6. Biasanya perdagangan antar-negara melalui berikut, kecuali . . . . a. telegraphic transfer b. clearing international tatap muka C. d. wesel 7. Dari contoh berikut ini yang tidak termasuk bagian kebijakan moneter adalah .... a. uang longgar b. uang ketat C. devaluasi d. bea ekspor 8. Komoditas berikut yang masih diimpor oleh Indonesia.... a. cokelat b. kopra C. wol d. tembakau 9. Berikut yang tidak digunakan dalam pembayaran pada perdagangan antar- negara adalah.... a. wesel b. cleanng international C. telegraphic transfer d. mata uang rupiah 10. Kegiatan ekonomi negara dengan cara menjual barang-barang produksi dalam negeri ke luar negeri disebut . . . . a. impor b. ekspor C. dumping d. transito 11. Perdagangan antar-negara akan menurun apabila negara.... a. meningkatkan produksi mengalami resesi b. C. tidak melakukan komunikasi d. mengalami suksesi 12. Ekspor Indonesia yang paling besar nilainya .a. kopra b. kayu c. barang kerajinan tangan d. minyak bumi 13. Pernyataan berikut ini merupakan akibat dari perdagangan antar-negara, kecuali a. tiap-tiap negara berusaha memperoleh keuntungan b. tiap-tiap negara berusaha mencukupi kebutuhan barang A c. terjadinya arus ekspor dan impor yang menambah pendapatan negara d. terjadinya penduduk suatu negara yang kurang kreatif​

apa perbedaan jurusan rpl dan tkj?​